GM PLN : Sebagian Besar Pembangkit di P2B dalam Kondisi Normal | Pasific Pos.com

| 21 August, 2019 |

Keterangan pers manajemen PT PLN UIW Papua dan Papua Barat terkait keandalan listrik. (Zulkifli) Keterangan pers manajemen PT PLN UIW Papua dan Papua Barat terkait keandalan listrik. (Zulkifli)

GM PLN : Sebagian Besar Pembangkit di P2B dalam Kondisi Normal

Ekonomi & Bisnis Penulis  Rabu, 29 Mei 2019 13:48 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura - PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (PLN UIW P2B) siap mengamankan Pasokan listrik menjelang Idul Fitri 1440 H. Sebagian besar pembangkit di Papua dan Papua Barat kini dalam kondisi normal.

Saat ini Papua memiliki total daya mampu 198,47 MW dengan beban puncak 153,7 MW sehinggah terdapat cadangan daya sebesar 44,77 MW. Sedangkan Papua Barat memiliki daya mampu sebesar 103,87 MW dan beban puncak 89,44 MW dengan cadangan daya 14,43 MW.

"Secara keseluruhan sistem kami siap untuk mengamankan pasokan listrik saat Idul Fitri nanti. Memang ada beberapa daerah yang saat ini mengalami defisit daya, namun kami sedang mengusahakan perbaikan dan solusi terbaik atas kondisi tersebut" ujar General Manager PLN UIW P2B, J.A. ari Dartomo disela buka puasa bersama Pers, Selasa (28/5/2019).

Dikatakan, khusus untuk sistem Manokwari, beberapa waktu lalu PLN mengalami defisit daya. Hal ini diakibatkan oleh lepasnya pembangkit Excess Power 10 MW dari sistem milik SDIC. Saat ini PLN telah melakukan penormalan pada sistem kelistrikan manokwari dengan penambahan mesin kapasitas 10 MW yang telah beroperasi Senin (27/5/2019).

Dalam upaya mengantisipasi gangguan yang tidak diinginkan, sebelumnya PLN juga telah melakukan pemeliharaan jaringan dan pembangkit di seluruh wilayah. Total 540 petugas disiagakan untuk mengamankan pasokan listrik saat Lebaran nanti.

"Kami telah melaksanakan gelar pasukan di masing-masing UP3 untuk mengecek kesiapan petugas dan peralatan. SOP serta jadwal petugas siaga menjelang, saat dan setelah lebaran juga telah kami siapkan". Ujar Ari Dartomo.

Sementara itu, Manager Strategi Pemasaran PLN UIW P2B, Michel L. Aleng  mengatakan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H, PLN memberikan Promo Gemerlap Lebaran 2019. Progam ini terdiri dari diskon 50% penambahan daya untuk pelanggan TR 220 VA-197 KVA dan penambahan daya gratis (diskon 100%) untuk rumah ibadah.

"Promo ini berlangsung mulai tanggal 17 Mei 2019 sampai 30 Juni 2019. Pelanggan dapat mengajukan permohonan melalui website PLN www.pln.co.id, Contect Center 123, PLN Mobile atau loket PLN," ujar Michel.

"PLN terus berupaya maksimal untuk memastikan kondisi kelistrikan aman menjelang Idul Fitri ini.
Kendati begitu, apabila dikemudian hari terjadi gangguan yang diakibatkam oleh faktor alam atau eksternal di luar dari kemampuan kami, dimohon untuk menghubungi Contact Center PLN 123 untuk mendapatkan pelayanan secepatnya," sambungnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang akan berencana mudik agar mengecek kembali seluruh barang elektroniknya dan memcabutnya dari aliran listrik serta mematokan lampu yang diperlukan sebelum meninggalkan rumah. (Zulkifli)

Dibaca 123 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.