Uncen Bakal Kembangkan Inovasi Kewirausahaan di Papua | Pasific Pos.com

| 19 October, 2019 |

Ketua Badan Pengembangan Kinerja dan Inovasi Uncen Prof. Dr. Akbar Silo M.S Ketua Badan Pengembangan Kinerja dan Inovasi Uncen Prof. Dr. Akbar Silo M.S

Uncen Bakal Kembangkan Inovasi Kewirausahaan di Papua

Ekonomi & Bisnis Penulis  Senin, 27 Mei 2019 21:24 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA - Universitas Cenderawasih (Uncen) tengah berbenah diri untuk melahirkan berbagai inovasi di bidang kewirausahaan, baik yang dilakukan oleh para akademisi maupun mahasiswa sebagai kreatornya. Hal ini dimatangkan dalam sebuah loka karya yang mengambil tajuk pengembangan inovasi dan kewirausahaan, di Auditorium Uncen, Distrik Abepura, Senin (27/5/2019).

Ketua Badan Pengembangan Kinerja dan Inovasi Uncen Prof. Dr. Akbar Silo M.S kepada wartawan mengatakan, selain inovasi, giat ini dimaksud menghidupkan sinergitas serta meintegrasikan para pakar yang ada di Uncen terutama mereka yang sudah menghasilkan karya inovasi, agar ke depan karya yang dihasilkan dapat direspon oleh pemerintah.

"Kami berharap kapasitas yang dimiliki para inovator di lingkungan Uncen bisa ditingkatkan sehingga mendongkrak peringkat Uncen di tingkat nasional maupun tingkat dunia. Masyarakat pelaku usaha pun akan merasakan dampaknya," harap Prof. Dr. Akbar dalam wawancara.

Akbar mengharapkan loka karya ini dapat menghasilkan poin-poin inti yang nantinya disampaikan ke pimpinan Uncen sebagai tindak lanjut kebijakan pengembangan ke depan -- termasuk sebagai bahan untuk melakukan kerjasama dengan pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

Uncen juga bertekad untuk melanjutkan kerjasama tersebut dengan berbagai pengusaha lokal maupun nasional. Rekomendasi loka karya ini tentunya akan dijadikan sebagai rujukan untuk visi kerjasama.

Dalam sambutan sebelumnya, Prof Dr. Akbar Silo menyampaikan jika Uncen memiliki banyak inovator, namun belum terintegrasi. Sehingga melalui loka karya ini, civitas akademika Uncen dapat menyatukan persepsi demi melakukan berbagai progres kerja riset sekaligus implementasi yang jelas produktif. Para dosen pun nantinya dapat mengembangkan kapasitasnya.

"Pemerintah melalui Perpres nomor 27 tahun 2013 sudah memerintahkan kepada seluruh perguruan tinggi, Pemda dan pengusaha untuk mendorong pengembangan inkubator kewirausahaan, di tempatnya masing - masing," tutur Akbar menjelaskan dasar pelaksanaan kegiatan tersebut.

Lokakarya ini diikuti puluhan dosen Uncen yang dibuka oleh Prof. Dr. Akbar Silo  sendiri. Hasil rekomendasi loka karya akan diserahkan kepada Rektor Uncen, Dr. Ir. Apolo Safanpo, MT, secepatnya.

Dibaca 214 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.