Unit Litbang Poltekkes Jayapura Gelar Seminar Proposal Penelitian Dosen | Pasific Pos.com

| 25 June, 2019 |

Unit Litbang Poltekkes Jayapura Gelar Seminar Proposal Penelitian Dosen

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Kamis, 23 Mei 2019 20:21 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

   Jayapura,- Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Kesehatan Kemenkes Jayapura menggelar seminar proposal bagi dosen pemula dan calon dosen di lingkungan Poltekkes Kemenkes Jayapura, di Auditorium lt3 Kantor Rektorat Poltekkes Kemenkes Jayapura, akhir pekan kemarin. Kepala Unit Litbang Poltekkes Kemenkes Jayapura, Jems. K. R Maay, S.Kep.Ns.,M.Kes mengatakan, dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi ada tiga dharma yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyasyarakat.

   Dengan demikian, kegiatan penelitian dosen yang dipersentasikan oleh seluruh dosen Poltekkes Jayapura kemarin itu adalah tugas tri dharma dosen. Kami dari pusat penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Poltekkes Jayapura telah menganggarkan  dan merencanakan sekian jumlah penelitian dosen sesuai dengan usulan yang telah disetujui oleh pusat. Penelitian dosen itu sudah dianggarkan dan persentase kemarin itu baru sebanyak 34 proposal penelitian yang disampaikan oleh beberapa tim dosen peneliti Poltekkes Kemenkes Jayapura,"ujar Jems Maay.

   Untuk menetujui hasil itu nanti kembali kepada Direktur Poltekkes Kemenkes Jayapura berdasarkan hasil tim pakar yang kita undang sebanyak 4 pakar, masing-masing pusat 1 orang, Uncen 2 orang dan 1 orang dari Labkesda Provinsi Papua. Jadi berdasarkan hasil penilaian mereka itulah yang nanti kita teruskan dalam usulan sebagai Surat Keputusan (SK) Direktur untuk pembiayaan penelitian dan itu kalau disetujui oleh tim pakar dan nilainya memang memenuhi syarat maka akan dibiayai.

   Selanjutnya kata Kepala Litbang Poltekkes Kemenkes Jayapura, setelah proposal kita akan melakukan monitoring pelaksanaan penelitian di semua titik penelitian. Penelitian yang dilakukan oleh dosen Poltekkes Jayapura akan menjadi monitoring kita dan selanjutnya setelah proposal kita akan melakukan monitoring pelaksanaan penelitian di semua titik penelitian dan kemudian itu akan menjadi monitoring dan evaluasi kita, namun kalau itu tidak dilaksanakan dari setiap dosen maka uangnya dikembaikan ke negara.

   Jadi, intinya adalah setiap dosen Poltekkes Jayapura wajib melakukan penelitian sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan demikian, harapan saya, jumlah dosen di semua jurusan inikan cukup banyak. Kalau dilihat dari jumlah dosen, tentunya penelitian itu belum maksimal sehingga harapan saya, karena ini adalah salah satu tri dharma perguruan tinggi, maka setiap dosen melakukan penelitian, apakah itu secara individu maupun tim. Setiap dosen wajib melakukan penelitian dan menulis artikel penelitian sehingga publikasi-publikasi ilmiah itu bisa kita publikasikan, baik jurnal nasional maupun internasional.

   Sehingga akreditasi Poltekkes Jayapura bisa meningkat, baik dalam Sanis Teknologi yang dikembangkan oleh pemerintah. Nilai kita dari semua perguruan tinggi di Indonesia, rengking kita baru mencapai 900 sekian, dan itu artinya bahwa rengking kita masih terlalu jauh ke bawah, maka dengan penelitian dan penulisan artikel penelitiannya dipublikasikan jurnal secara nasional maupun internasional mendapatkan nilai yang cukup tinggi maka saya yakin rengking kita 900 sekian itu akan berubah, tapi kalau tidak, maka sama saya,"katanya. (Hendry Holago)

Dibaca 61 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.