Bivak To Bivak Charity Satgas 521 Di Perbatasan | Pasific Pos.com

| 21 August, 2019 |

Anggota satgas saat member pengobatan (foto:ist) Anggota satgas saat member pengobatan (foto:ist)

Bivak To Bivak Charity Satgas 521 Di Perbatasan

Papua Selatan Penulis  Rabu, 22 Mei 2019 20:57 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Pada umumnya masyarakat di pedalaman perbatasan memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara berburu sehingga mengharuskan mereka untuk hidup berpindah-pindah ( nomaden ) didalam hutan, sementara itu mereka harus mendirikan bivak-bivak ( tempat berteduh yang tidak permanen ) untuk mereka tinggali selama beberapa hari sebelum mereka berpindah ke tempat yang lain. Hal ini membuat Satgas Yonif Mekanis 521/Dadaha Yodha merasa terpanggil untuk memberikan pelayanan kesehatan langsung ke bivak-bivak masyarakat perbatasan.

Dalam rangka memperingati bulan suci Ramadhan bulan yang penuh berkah, Satgas Yonif Mekanis 521/DY melakukan " Bivak To Bivak Charity " yakni pelayanan kesehatan yang di pimpin oleh Dokter Satgas Letda. Ckm dr. Aditya Baskoro kepada masyarakat di perbatasan RI-PNG.

Untuk mencapai bivak-bivak ini, diperlukan waktu 45 menit - 1 jam dengan berjalan kaki dan 1 jam perjalanan dengan menggunakan ketinting atau perahu kecil dari Pos Barki di jajaran SSK 2. Adapun dalam kegiatan ini tim kesehatan memberikan pemeriksaan kesehatan rutin seperti, mengukur berat dan tinggi badan pada balita, tekanan darah pada orang tua dan lansia, memberikan penyuluhan kesehatan tentang pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, serta mengobati masyarakat yang sakit.

"Kami sebagai masyarakat perbatasan sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Satgas Yonif Mekanis 521/DY karena melalui tim kesehatannya selalu memberikan perhatian kepada kami melalui pelayanan kesehatan di bivak-bivak kami,”Arnold Nikeljai selaku Tuan Dusun. Sementara itu, dr. Aditya Baskoro menjelaskan bahwa kegiatan " Bivak to Bivak Charity " merupakan perintah dari Komandan Satgas Letkol Inf. Andi A. Wibowo S.Sos.M.I.Pol.
“Sebab berdasarkan laporan yg diterima dari masyarakat bahwa pelayanan kesehatan sangat membantu saudara-saudara kita yang tinggal diperbatasan dan jauh dari keramaian maupun fasilitas kesehatan. Kedepannya kegiatan ini akan terus kami laksanakan secara rutin dan terjadwal, sehingga dapat memastikan pelayanan kesehatan juga dapat sampai dan dirasakan oleh masyarakat perbatasan,”ungkapnya.

Dibaca 82 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.