Di Paniai, Warga Bakar Polsek dan Ruko | Pasific Pos.com

| 19 October, 2019 |

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal

Di Paniai, Warga Bakar Polsek dan Ruko

Headline Penulis  Rabu, 22 Mei 2019 20:19 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

"Polisi Amankan Aktor Utama"



JAYAPURA - Kantor Kepolisian Sektor Wagete, Polres Paniai Selasa (21/5) malam, pukul 18.30 WIT, dibakar ratus warga.

Data yang di peroleh kasus pengerusakan dan pembakaran yang dilakukan sekelompok warga tersebut lantaran tidak terima salah satu kerabatnya ditahan karena melakukan aksi pemalakan serta penyerangan terhadap anggota kepolisian ketika hendak ditangkap.

Kejadian awal yang dihimpun bermula ketika pelaku yang belum diketahui identitasnya dalam pengaruh minuman keras melakukan aksi pemalakan serta pengrusakan dan penganiayaan salah seorang supir angkot ketika melintas di jalan poros kampung Wagete 2 depan SMP YPPK sekitar pukul 17.00 WIT.

Usai melakukan aksi pemalakan, pengrusakan dan penganiayaan terhadap supir angkot, pelaku pun kembali melakukan pengrusakan mobil milik salah satu anggota Polres Paniai ketika hendak melintas.

Atas kejadian itu Anggota Polres Paniai Brigadir Puput langsung melaporkan kepada anggota yang berada di Mapolsek Wagete untuk ditindaklanjuti, namun sayang ketika hendak diamankan yang bersangkutan melakukan perlawanan kepada anggota kepolisian, sehingga Anggota lebih memilih untuk meninggalkan lokasi.

Tepat pada pukul 18.00 WIT anggota yang melakukan patroli  mendapati pelaku dan bermaksud untuk membawa pelaku ke polsek guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. Namun pelaku kembali menyerang Anggota kepolisian menggunakan panah.

Akibat aksi penyerangan yang dilakukan pelaku, anggota terpaksa  mengeluarkan tembakan peringatan namun pelaku tetap mengejar anggota ke sampai di mobil patroli sehingga anggota membuang tembakan dan mengenai pelaku.

Tidak lama setelah pelaku diamankan, tepat pukul 18.30 WIT, ratusan massa yang diduga kerabat pelaku langsung mendatangi Polsek Wagete dan melakukan penyerangan serta pembakaran gedung Polsek.

 Sementara Itu Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian itu dimana saat ini kasus pembakaran Polsek Wagete sudah ditangani oleh Polres Paniai.

Kata Kamal selain melakukan pembakaran kantor Polsek Wagete, Puluhan massa tersebut pun juga melakukan pembakaran dua unit ruko, tiga unit mobil, serta melakukan perbuatannya asusila terhadap tiga orang warga.

"Kasus ini sekarang sudah ditindaklanjuti dimana Kapolres sudah berada di TKP dan melakukan koordinasi dengan warga sekitar, selain itu Dir Samapta dan Kabid Propam Polda Papua pagi tadi sudah berangkat guna meninjau langsung kasus itu,". Ungkapnya di Mapolda Papua, Rabu (22/5) siang.

Ia menjelaskan, saat ini pihak telah mengamankan MD yang diduga merupakan aktor utama dalam kasus itu.

"MD kini telah dirawat akibat tindakan terukur yang dilakukan ketika hendak menyerang Anggota menggunakan anak panah. Selain MD tiga korban asusila yang dilakukan saat aksi penyerangan Polsek pun juga telah mendapatkan perawatan medis," jelasnya.

Kamal menambahkan saat ini situasi di Paniai kondusif pasca kejadian itu dan pihaknya telah disiapkan di lokasi kejadian guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan kembali terjadi.

Dibaca 235 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.