Kapolres Jayapura Pimpin Sertijab Dua Kasat dan Dua Kapolsek | Pasific Pos.com

| 22 September, 2019 |

Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, SH., S.IK., MH., M.Si., ketika melepas tanda jabatan dan pangkat dari pejabat lama pada upacara serah terima jabatan dua Kasat dan dua Kapolsek, di Lapangan Apel Mapolres Jayapura, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Selasa (21/5) siang. Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, SH., S.IK., MH., M.Si., ketika melepas tanda jabatan dan pangkat dari pejabat lama pada upacara serah terima jabatan dua Kasat dan dua Kapolsek, di Lapangan Apel Mapolres Jayapura, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Selasa (21/5) siang.

Kapolres Jayapura Pimpin Sertijab Dua Kasat dan Dua Kapolsek

Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI - Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon, SH., S.IK., MH., M.Si., memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) dua Kepala Satuan (Kasat) dan dua Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek). Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Apel Mapolres Jayapura, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Selasa (21/5) siang.

Dua jabatan Kasat yang diserahterimakan yaitu Kasat Reserse Kriminal (Reskrim) dan Kasat Sabhara. Sementara itu dua jabatan Kapolsek yang turut diserahterimakan yaitu Kapolsek Sentani Kota dan Kapolsek Nimboran.

Jabatan Kasat Reskrim diserahterimakan dari Iptu Oscar F. Rahadian, S.IK., MH., kepada AKP Hendrikus Yosi Hendrata, SH., S.IK. Sedangkan Kasat Sabhara (Samapta) dijabat AKP Immanuel Pamean menggantikan AKP Elias Endang, SH., MH.

Selain itu, Kapolsek Sentani Kota diserahterimakan dari Kompol Hakim Sode, SH., MH., kepada AKP Lintong Simanjuntak, SH., MH., selanjutnya jabatan Kapolsek Nimboran diserahterimakan dari Ipda Andi Basuki Rachmat, SH., kepada Ipda Matius Agian, SH.

Upacara serah terima jabatan ini ditandai dengan pelepasan tanda jabatan dan pangkat dari pejabat lama, untuk dikenakan pada pejabat baru. Dilakukan juga penandatanganan berita acara sertijab, penandatanganan pakta integritas dan pengambilan sumpah jabatan.

Dalam amanatnya, AKBP Victor mengatakan bahwa serah terima jabatan yang dilaksanakan ini merupakan suatu hal yang wajar dalam dinamika organisasi yang dinamis. Hal ini dalam rangka penyegaran, pengembangan karier dan juga peningkatan kinerja untuk mencapai tujuan organisasi dengan berdasarkan kepada penilaian dan evaluasi kinerja serta assesment secara sistematik komprehensif dan tetap mempertimbangkan aspek profesional komitmen dan integritas organisasi.

“Mungkin rekan-rekan ada yang bertanya kenapa baru hari ini (kemarin) diserahterimakan, apalagi nama Kapolda nya juga namanya masih yang lama. Tetapi, karena kebutuhan organisasi seperti Kasat Reskrim itu ditunda sampai satu tahun dari 2018 lalu hingga 2019 ini, jadi satu tahun lamanya ditunda. Kemudian juga Kapolsek Sentani Kota, Kasat Sabhara dan Kapolsek Nimboran itu ditunda serah terima jabatannya selama dua bulan, karena memang kebutuhan organisasi,” terang Kapolres.

“Kita lihat dari perkembangan situasi dan suhu politik, mungkin kalau kemarin-kemarin langsung di sertijabkan, ya mungkin langsung bubar situasi kamtibmas di Kabupaten Jayapura ini. Namun karena pertimbangan dari Kasat Intelkam kepada saya, yang mana beliau mempertimbangkan agar jangan dulu diserahterimakan. Tetapi, ditunda dulu mengingat suhu politik di daerah ini cukup tinggi. Jadi, memang perlu langkah-langkah yang tentunya tetap dalam hal yang prosedur,” tambahnya.

Kapolres selanjutnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pejabat lama atas pengabdian dan dedikasinya selama bertugas. Semoga dengan jabatan yang baru dapat lebih sukses dalam kedinasan maupun karier.

“Kepada pejabat baru, saya ucapkan selamat. Hal positif yang dijalankan pejabat lama hendaknya bisa dipertahankan. Keberhasilan yang sudah dicapai hendaknya bisa ditingkatkan menjadi lebih baik lagi,” ucapnya.

Kapolres Victor juga mengucapkan terima kasih kepada Bhayangkari yang telah mendampingi dan mendukung tugas suami. Dengan dukungan yang diberikan, bisa mendukung sukses suami dalam menjalankan tugas.

“Dengan dilaksanakan Sertijab ini, saya berharap kepada para pejabat yang melaksanakan serah terima jabatan agar bisa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab dan segera menyesuaikan dengan wilayah yang baru. Lakukan langkah serta terobosan kreatif demi kemajuan Polri, khususnya Polres Jayapura,” harapnya.

Usai upacara serah terima jabatan, dilanjutkan dengan pisah sambut antara pejabat lama dengan pejabat baru dan acara buka puasa bersama. Kemudian diakhir dengan jabat tangan sebagai ucapan selamat. Seluruh pejabat utama Polres dan personil Polres Jayapura yang hadir bergantian mengucapkan selama kepada pejabat yang melaksanakan serah terima.

Dibaca 201 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.