Jenis Ikan ini Diekspor ke Jepang, Cina, dan Eropa | Pasific Pos.com

| 16 September, 2019 |

Jenis Ikan ini Diekspor ke Jepang, Cina, dan Eropa

Papua Barat Penulis  Selasa, 21 Mei 2019 10:33 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP - Kepala Bidang Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDS-PKP) pada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Papua Barat, V. Allan Deda mengungkapkan jika ikan tuna, cakalang, ikan tongkol dan udang beku menjadi produk unggulan di bidang kelautan dan perikanan di wilayah Papua Barat.

Sebab, sebut Deda, jenis ikan-ikan tersebut sangat melimpah di perairan Manokwari. Sementara untuk di wilayah Sorong yang menjadi unggulan adalah ikan tuna cakalang, dan ikan tongkol, serta ikan-ikan dasar.

Sementara untuk jenis udang dan kepiting berada di daerah Teluk Bintuni. “Sebenarnya Sorong bukan tempat penghasil tetapi tempat penampung hasil laut. Karena diambil dari daerah-daerah disekitar Papua Barat dan dibawa ke Sorong. Nanti dari situ barulah dibeli para pengusaha untuk di kelola yang dijual keluar Papua Barat,” kata Deda kepada Tabura Pos di ruang kerjanya, Senin (20/5).

Disinggung soal pasar produk unggulan hasil kelautan dan perikanan di wilayah Papua Barat, terang dia, untuk hasil laut berupa udang, ikan kaleng tuna, dan ikan campuran seperti ikan dasar diekspor ke luar negeri.

“Kalau produk unggulan berupa udang biasanya diekspor ke China dan Jepang. Kalau ikan cakalang biasanya dikirim ke eropa dan juga jepang,” ungkap Deda.

Disinggung jumlah produk unggulan yang diekspor keluar negeri, ia mengaku, hal itu berada di karantina dan pihaknya hanya menerima laporan dari karantina tentang jumlah produk yang di ekspor.

Lebih lanjut, kata dia, hasil laut dan perikanan di wilayah Papua Barat ini, hampir setiap tahun dikirimkan keluar negeri hingga berton-ton dan dihitung dalam bentuk dolar.

Dengan demikian, tambah dia, pihaknya sangat memperhatikan mutu dan kualitas dari produk-produk unggulan dibidang perikanan dan kelautan di wilayah Papua Barat, sehingga tidak dapat mengecewakan para pelanggan baik yang ada di dalam negeri maupun diluar negeri. [FSM-R3]

Dibaca 123 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.