Perekrutan Calon Mahasiswa Kuliah di China sudah Diumumkan | Pasific Pos.com

| 16 November, 2019 |

Perekrutan Calon Mahasiswa Kuliah di China sudah Diumumkan

Papua Barat Penulis  Selasa, 21 Mei 2019 10:31 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Pemkab Manokwari telah menjalin kerja sama dengan PT. SDIC untuk mengirim anak-anak Papua lulusan SMA dan SMK melanjutkan pendidikan di China. Untuk tujuan itu, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinas Nakertrans) Kabupaten Manokwari sudah membuat pengumuman ke sekolah-sekolah.

Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Manokwari, Yusak Dowansiba mengatakan, biaya pendidikan anak-anak Papua di China ditanggung oleh PT. SDIC. Hanya saja, untuk bisa mengikuti program kerja sama tersebut, anak-anak lulusan SMA dan SMK harus memiliki nilai rata-rata 7,00.

“Terus bisa berbahasa Inggris dasar karena selama lima tahun di China, dia bisa menggunakan bahasa Inggris dan dilatih menggunakan bahasa Mandarin,” ujar Dowansiba kepada wartawan usai ziarah di TMP Trikora Manokwari, Senin (20/5).

Untuk proses seleksi, pihaknya sudah menyebarkan pengumuman ke sekolah-sekolah di Manokwari. Anak-anak yang dibutuhkan, katanya, yakni lulusan SMA atau SMK, terutama orang asli Papua.

“Semua akan dibiayai oleh perusahaan, mulai dari uang asrama, insentif, dan lain-lain,” katanya.

Dia menambahkan, pihaknya juga berencana melakukan kunjungan ke PT. SDIC di Maruni. Kunjungan itu untuk melihat tenaga kerja secara dan tenaga kerja orang asli Papua di SDIC.

“Itu akan jadi bahan evaluasi dan akan disampaikan kepada masyarakat. Dengan begitu, bisa jadi dasar untuk mendorong masyarakat menyekolahkan anak agar bisa ditempatkan juga di SDIC,” tukasnya. (BNB-R3)

Dibaca 127 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.