PLBN Sota Siap Dibangun | Pasific Pos.com

| 6 December, 2019 |

Plh Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah  Kabupaten Merauke, Rekianus Samkakai (foto:iis) Plh Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah Kabupaten Merauke, Rekianus Samkakai (foto:iis)

PLBN Sota Siap Dibangun

Papua Selatan Penulis  Minggu, 12 Mei 2019 17:36 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Usai pertemuan Pemda dengan Kementerian PUPR Satker Pemukiman Wilayah Papua dan Badan Pengelola Perbatasan Daerah di Swiss-Belhotel belum lama ini maka akan segera dilaksanakan pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Distrik Sota dengan tipe C. Konsepnya akan seperti yang ada di Skow namun tipenya berbeda karena untuk di Merauke sesuai dengan instruksi presiden nomor 1 tahun 2009 mendapatkan tipe C.

Pertemuan sudah dilakukan dan kesiapan lahan yang diperuntukkan juga sudah dilakukan peninjauan  lapangan langsung dengan pihak konsultan guna melakukan pengukuran. Adapun lahan yang disediakan oleh pemerintah seluas 10 hektar dan yang sudah tersedia dalam arti telah memiliki legalitas dan menjadi zona inti seluas 4 hektar.

“1 hektar sudah besertifikat dan 3 hektar berupa pelepasan. Sesuai dengan peninjauan lapangan bahwa berdasarkan dengan gambar lokasi tanah yang dibutuhkan maka semua sudah harus siap dan tidak ada persoalan secara adat. Sedangkan 6 hektar sesuai dengan petunjuk bupati menjadi  zona tambahan dan akan diupayakan dalam pertemuan rapat adat. Tetapi untuk 4 hektar memang sudah siap,”jelas Plh Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah  Kabupaten Merauke, Rekianus Samkakai  kepada wartawan di Swiss-Belhotel belum lama ini.

Pihaknya juga harus melakukan sosialisasi terkait dengan sejumlah bangunan yang ada di dalam wilayah pebatasan lalu setelah sosialisasi dilakukan penghapusan aset di wilayah tersebut. Ini berarti setelah penghapusan aset maka pekerjaan fisik sudah harus dimulai yang akan dilaksanakan pada Bulan Juni mendatang dalam waktu kurang lebih selama 6 bulan. Sesuai dengan instruksi, tahapan dimulai dari Januari hingga Desember 2019.

Dibaca 126 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.