Terkait Retribusi TPU, Warga Tidak Mampu Tetap Dibantu | Pasific Pos.com

| 12 November, 2019 |

Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Merauke, Siswo Prasojo  (Foto:ist) Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Merauke, Siswo Prasojo (Foto:ist)

Terkait Retribusi TPU, Warga Tidak Mampu Tetap Dibantu

Papua Selatan Penulis  Minggu, 12 Mei 2019 17:34 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Merauke, Siswo Prasojo mengemukakan bahwa masih terdapat kendala terkait dengan rencana pemindahan TPU yang semula di Jalan Yobar lalu selanjutnya akan beralih ke TPU Tanah Miring. Belum lagi masalah transportasi yang juga sangat memprihatinkan mengingat lokasi di TPU baru tergolong jauh. Oleh sebab itu Dinsos berupaya untuk membantu warga yang tidak mampu dan akan dilakukan melalui RT di setiap wilayah.

Dalam hal ini pihaknya meminta seluruh RT untuk selektif sehingga dapat membedakan secara pasti antara warga yang mampu dengan tidak mampu. “Bagi mereka yang mampu maka harus dikenakan retribusi dengan segala konsekuensi dan tanggung jawab yang harus dipenuhi. Salah satunya soal kebersihan yang akan menjadi tanggung jawab pengurus TPU,”jelasnya pada sosialisasi perda pelayanan jasa umum retribusi TPU Tanah Miring di Hotel Megaria belum lama ini.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, besar retribusi 1.500.000 hanya diperuntukkan bagi warga yang mampu dan berlaku 5 tahun. Sedangkan bagi masyarakat yang tidak mampu diharapkan dapat menunjukkan surat keterangan tidak mampu dari RT. Surat tersebut selanjutnya diteruskan ke pihak kelurahan dan Dinsos. Namun nominal tersebut berlaku untuk hari kerja sehingga prosedur tersebut harus dilalui. Termasuk di dalamnya yang terkait dengan surat keterangan kematian dari rumah sakit jika memang meninggalnya di rumah sakit.

Namun  jika meninggalnya di rumah maka surat keterangan bisa diperoleh dari pihak RT saja. Selanjutny Dinsos akan membuat rekomendasi untuk diteruskan ke Dinas Perumahan sebagai instansi yang berkompeten mengurus soal TPU. Bagi warga yang tidak mampu tidak akan dikenakan retribusi. Dinsos juga bisa dimintai bantuan untuk mobil jenazah yang sudah disediakan khusus. Namun tetap harus mengantri dan memperhitungkan waktu pemakaman. Dinsos juga membantu dalam penyediaan tenda namun hanya untuk 1 petak. Semua ini menurutnya membutuhkan pemahaman bersama, jangan sampai ada salah persepsi di kalangan masyarakat.

Dibaca 110 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX