Masih Ada yang Protes Perolehan Suara Caleg | Pasific Pos.com

| 19 September, 2019 |

Masih Ada yang Protes Perolehan Suara Caleg

Beri rating artikel ini
(0 voting)

NABIRE - Akhirnya KPU Kabupaten Nabire telah menyelesaikan rapat pleno perhitungan suara di tingkat kabupaten, tadi malam. Agenda pada Jumat (10/5) agenda diawali dengan pembacaan hasil perolehan suara di tingkat Distrik Nabire yang dimulai sekitar pukul 13.30 WIT. Kegiatan dibuka oleh Ketua KPU Nabire, Wihelmus Degey, yang didampingi 3 anggota KPU Nabire masing-masing Nelius Agapa, Daniel Denni Merin, Rahman Syaiful dan Sekretaris KPU Nabire, Michael Mote. Agenda juga turut dihadiri tiga komisioner Bawaslu Kabupaten Nabire, serta para saksi Parpol. Jalannya kegiatan turut diamankan oleh aparat keamanan TNI/Polri.

Pantauan media ini Jumat siang kemarin, PPD Distrik Nabire membacakan satu per persatu hasil perhitungan suara. Dimulai dari hasil suara Pilpres, dilanjutkan hasil perhitungan suara DPR RI, DPD RI, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten.

Saat PPD Distrik Nabire selesai membacakan hasil perhitungan suara, ada sejumlah saksi menyampaikan protesnya. Rata-rata protes yang disampaikan saksi terkait dengan perolehan suara. Sejumlah saksi memprotes karena jumlah suara yang dibacakan oleh PPD Distrik Nabire berbeda dengan jumlah suara yang datanya ada pada saksi itu. Perolehan suara yang diprotes oleh sejumlah saksi itu baik untuk perolehan suara DPR RI, DPR Provinsi maupun DPRD Kabupaten.

Menanggapi sejumlah protes yang disampaikan oleh sejumlah saksi, pihak Bawaslu Kabupaten Nabire menyampaikan jika pihaknya masih membuka diri untuk menerima jika ada saksi yang akan menyampaikan keberatannya secara tertulis.

"Bawaslu Kabupaten Nabire masih membuka peluang bagi pihak-pihak yang tidak terima dengan hasil perolehan suara yang dibacakan itu. Kami siap untuk menerima laporan yang dilengkapi dengan bukti untuk ditindaklanjuti,"ujar salah satu komisioner Bawaslu Kabupaten Nabire, Adriana Sahempa.

Pembacaan hasil rekap perolehan suara oleh PPD Distrik Nabire selesai sekitar pukul 16.15 WIT. Selanjutnya Ketua KPU Nabire yang memimpin jalannya pleno menskor kegiatan hingga pukul 19.00 WIT untuk melanjutkan pleno KPU Kabupaten Nabire. (ros)

Dibaca 180 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.