Pakai Sistem e-government, Papua Barat Belajar ke Papua | Pasific Pos.com

| 21 August, 2019 |

Pakai Sistem e-government, Papua Barat Belajar ke Papua

Info Papua Penulis  Selasa, 07 Mei 2019 21:33 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Pemerintah Provinsi Papua Barat yang dipimpin Asisten Bidang Pemerintahan, Musa Kamudi bersama timnya mengunjui Pemerintahan Provinsi Papua. Rombongan diterima langsung oleh Sekda Papua, Hery Dosinaen di Sasana Krida Karya, Kantor Gubernur Papua, di Dok II Jayapura, Selasa, 7 Mei 2019.

Kedatangan tim dari Provinsi Papua Barat untuk belajar dan mengetahui aplikasi tentang sistem pengelolaan pemerintahan berbasis e-government, terkait pelayanan publik seperti sitem perijinan online diberi nama e-Papua Perijinan Online yang akan meberikan pelayanan perijinan usaha kepada sektor swasta secara online.

Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen mengatakan, atas rekomendasi KPK terkait rencana aksi korupsi terintegrasi, maka pemerintah provinsi Papua Barat berkunjung ke Pemprov Papua untuk belajar bagaimana cara mengaplikasikan penerapan e-Government saat ini diyakini sebagai sebuah perwujudan dalam penerapan pemerintahan yang bersih dan transparan.

"Pemprov Papua saat ini telah menerapkan program kinerja berbasis e-government, dengan demikian dapat mengevaluasi program dan anggaran secara efisien dan efektif. Potensi penyalahgunaan dan kebocoran-kebocoran dapat dicegah karena sistem ini transparan," jelas Dosinaen.

Sekda mengatakan, perlu komitmen dari kepala daerah untuk melaksanakan sistem ini, agar sumber daya yang dimiliki di Papua Barat bisa dikelola lebih efektif dan efisien. Beliau juga menyadari bahwa penerapan sistem ini membutuhkan kerja keras dan komitmen pemerintah daerah. Untuk itu, dia mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk pelaksanaan sistem ini secara luas.

"Paling utama bagaimana komitmen dari kepala daerah, terlebih lagi kepada Seketaris daerah dan staf ASN  agar bekerja sama dengan rencana aksi ini, sehingga bisa dilakukan secara terpadu dan bisa dilakukan dengan lebih baik pula. Ini menjadi perhatian dari teman-teman Papua Barat, untuk melihat ini dan belajar dari kami di Papua,"jelasnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Papua, Musa Kamudi mengatakan berkata dari" Kata Bisa" inilah yang ia yakini bahwa pemprov Papua Barat juga bisa seperti provinsi lainnya.
"Inilah yang sesungguhnya kami yakini dengan adanya perubahan ini, lalu dengan motto kalau bukan sekarang kapan lagi, kami ingin belajar dan berubah agar kami bisa mencegah terjadinya korupsi di lingkup Pemprov Papua Barat,"katanya.

Kata Musa, kedatangan tim ke pemprov Papua untuk melihat apa yang menjadi kelebihan di Papua dalam penerapan aplikasi e-Government ini, sehingga kekurangan Papua Barat bisa diperbaiki.

Disingung memilih Papua sebagai tempat pelajaran, menurutnya selain rekomendasi KPK, ini dilihat berdasarkan anggaran yang ada. "Jadi dari pada kami ke Surabaya dan Provinsi lainnya, kenapa tidak kita tidak ke Papua saja. Apalagi Papua Barat dan Papua ini masih satu rumpun, sehingga ia merasa datang belajar ke Papua, dan pasti Pemprov Papua akan membagi ilmu kepada kami di Papua Barat," pungkasnya.

Dibaca 84 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.