Kunjungi Papua, Jerman Buka Peluang Kerjasama SDA | Pasific Pos.com

| 15 September, 2019 |

Kunjungi Papua, Jerman Buka Peluang Kerjasama SDA

Info Papua Penulis  Selasa, 07 Mei 2019 12:14 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Duta Besar Jerman Peter Schoof melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Provinsi Papua, kunjungan tersebut diterima langsung oleh Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, Senin (6/5/2019).

Klemen mengatakan, dalam pertemuan tersebut, Pemerintah Papua dan Dubes Jerman membahas peluang kerjasama terutama dalam hal pengelolaan Sumber Daya Alam di wilayah Papua. Misalnya, kata Klemen, pengeloaan hasil pertanian atau perikanan.

"Mereka ini sebagai negeri maju juga ingin supaya warganya bisa mengambil kesempatan untuk dapat berusaha di Papua, lebih khusus di hal-hal yang menyangkut energi terbarukan, pertanian atau perikanan," kata Klemen, Senin (6/5/2019).

Klemen pun menyatakan, Pemerintah Papua pada prinsipnya siap dan membuka peluang kerjasama sebesar-besarnya asalkan kerjasama tersebut memberikan dampak positif bagi masyarakat Papua.

"Yang penting mereka bisa bekerjasama dengan masyarakat yang ada di daerah masing-masing sesuai dengan potensi yang mereka inginkan," tambahnya.

Lanjut Klemen, pihaknya juga telah menyerahkan profile Provinsi Papua dan data-data yang ada untuk agar dapat dipelajari oleh Kedutaan Besar Republik Federal Jerman.

"Contohnya ada lahan sekitar 1 juta lebih hektar di Merauke yang dapat dikelola bersama dan potensi perikanan di Biak yang sangat tinggi. Intinya kehadiran mereka harus memberikan dampak kepada masyarakat Papua juga," ujarnya.

Selain membahas peluang kerjasama, lanjut Klemen, kunjungan Dubes Jerman tersebut di antaranya untuk mengetahui situasi keamanan terkini dan kondisi pelaksanaan Pilpres dan Pileg yang telah berlangsung di Papua.

"Jadi kami jelaskan bahwa semua berjalan baik dan Papua itu aman. Kami sangat berterima kasih atas kunjungan Dubes Jerman ke Pemerintah Papua. Mereka punya kesan yang sangat baik dan mereka juga ingin tahu Papua itu seperti apa," pungkasnya.

Kita sangat berterima kasih kepada duta besar jerman yang berkunjung ke Pemerintha Papua. Mereka punya kesan yang sangat baik dan mereka juga ingin tahu papua seperti apa.

mereka tanya soal keamanan, politik pilpres dan pileg yang berlangsung di Papua, kami jelaskan bahwa semua berjalan baik dan papua itu aman.

Dan mereka juga sebagai negara yang maju juga ingin supaya ada mereka punya warga atau teman teman kerja mereka bisa mengambil kesempatan utnk dapat berusaha di Papua, lebih khusus di hal hal yang seperti energi terbarukan, dalam hal pertanian atau perikanan.

Sementara itu, Peter Schoof kepada pers mengatakan, sejak tujuh bulan menjadi Duta Besar Jerman untuk Indonesia, saya berusaha untuk pergi ke seluruh provinsi di Indonesia karena hal ini sangat penting, bukan hanya soal Jakarta," kata Peter kepada Antara di Jayapura, Senin.

Menurut Peter, khususnya untuk Papua sebagai provinsi yang besar di Indonesia dengan potensi perekonomian yang luas di mana Jerman memiliki program kerja sama dan pembangunan di dalamnya.

"Hal inilah yang kami diskusikan dengan pemerintah daerah, di mana diharapkan dapat memperpanjang aktifitas atau program kerja Jerman di Provinsi Papua," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya juga membahas mengenai pelaksanaan pemilu di Papua, di mana kini sedang dalam tahapan penghitungan dan hal ini perlu apresiasi.

"Menurut orang, Papua adalah tempat yang indah di dunia, di mana memiliki gunung yang tinggi, mempunyai berbagai jenis tanaman, pertambangan dan potensi pembangunan ekonomi," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berjanji untuk datang kembali ke Papua karena pertemuan awal dengan pemerintah daerah sangatlah mengesankan dan Jerman banyak belajar mengenai situasi serta kondisi di Bumi Cenderawasih.

Dibaca 170 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.