BPS : ITK Papua Alami Penurunan | Pasific Pos.com

| 20 October, 2019 |

Pedagang komoditi Pedagang komoditi

BPS : ITK Papua Alami Penurunan

Ekonomi & Bisnis Penulis  Senin, 06 Mei 2019 20:09 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura - BPS Provinsi Papua mengumumkan hasil Indeks Tendensi Konsumen Provinsi Papua Triwulan I-2019. Senin (6/5/2019).

Untuk Triwulan I-2019 Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Papua sebesar 95,62 yang berarti kondisi ekonomi Konsumen mengalami penurunan dari Triwulan sebelumnya tahun 2018.

Meningkatnya kondisi ekonomi konsumen utamanya disebabkan  adanya menurunya seluruh komponen yakni mendapatkan rumah tangga ( nilai indeks 95,58), tingkat konsumsi barang/jasa.

"Peningkatan tersebut di perkirakan terjadi karena adanya peningkatan pendapatan rumah tangga mendatang (nilai indeks 119,03), meskipun perkiraan pembelian barang tahan lama, rekreasi, dan pesta/hajatan oleh konsumen menurun ( Nilai indeks 81,24)" kata Eko Mardiana, Kepala Bidang Wilayah BPS Papua, Senin (6/5/2019).

Eko Mardiana saat melaksakan jumpa pers di gedung BPS Provinsi Papua mengatakan pada triwulan ini banyak komponen volume konsumsi barang dan jasa yang mengalami penurunan. Komponen tersebut seperti pakaian, rekreasi/hiburan,akomodasi (Hotel/penginapan), dan perawatan kesehatan/kecantikan.

Sementara untuk komponen bahan makanan/minuman jadi pembelian pulsa,pendisikan, dan tranportasi tetap optimis.

Sementara itu berbeda dari triwulan IV-2018 yang lalu dimana hampir seluruh komponen volume konsumsi barang dan jasa meningkat kecuali pendidikan peningkatan tersebut kemungkian akibat perayaan hari raya Natal dan Tahun baru. Sehingga konsumen meningkatkan komsumsi barang dan jasanya. (Zulkifli)

Dibaca 106 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.