Dinas Pendidikan Siapkan 30 Siswa/i SMK Untuk Perlombaan Teknologi Tingkat Nasional | Pasific Pos.com

| 21 September, 2019 |

Dinas Pendidikan Siapkan 30 Siswa/i SMK Untuk Perlombaan Teknologi Tingkat Nasional

Papua Barat Penulis  Jumat, 03 Mei 2019 08:52 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP - Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat, akan mempersiapkan sedikitnya 30 siswa/i SMK dari Kota Sorong dan Bintuni untuk mengikuti perlombaan Teknologi tingkat nasional akan berlangsung di Bandung, Joyjakarta, dan Jawab Barat, Juli mendatang.

Para siswa dan siswi SMK dari Sorong yang dipersiapkan untuk mengikuti perlombaan, adalah mereka yang keluar sebagai juara pada perlombaan kelompok teknologi khusus Informasi Teknologi Jaringan dan perlombaan Teknologi Animasi tingkat provinsi.

Kepala Bidang Pembinaan SMA/SMK, Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat, Agustinus Sroyer mengatakan, para pemenang lomba dalam waktu dekat akan dimasukan pada Traning Center (TC) untuk persiapan agar dapat bersaing di tingkat nasional.

“Kami akan memberikan assesor atau pembina yang memiliki kredit poin yang luar biasa untuk memberikan pembinaan bagi siswa-siswi yang akan dipersiapkan mengikuti lombah di tingkat nasional yang akan berlangsung di Bandung, Joyjakarta, dan Jawab Barat, pada Juli mendatang,” kata Sroyer kepada wartawan usai menghadiri upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2019 di lapangan Apel kantor Gubernur Papua Barat, Kamis (2/5).

Ia menerangkan, perserta yang akan diberangkatkan adalah mereka yang juara I semua dari 10 mata lomba tersebut dengan jumlah 30 orang ditambah pendampingnya dan pendamping dari Dinas Pendidikan Provinsi.

Sroyer menambahkan, dalam perlombaan Teknologi Jaringan dan perlombaan Teknologi Animasi tingkat provinsi, tiga siswa dan siswi yang keluar sebagai juara dari akan diberikan dana pembinaan.

Dikatakan Sroyek, sesuai dengan acuan perlombahan yang diberikan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, ada 10 mata lomba yang dilakukan di tingkat Provinsi Papua Barat.

“Artinya dari jumlah itu, ada 30 siswa yang keluar sebagai pemenang, juara I masing-masing lombah ada 10 siswa, juara II juga ada 10 siswa demikian juga juara III.

Dari lomba ini, juara I mendapatkan penghargaan Rp. 3,5 juta, juara II, Rp. 2,5 juta, dan juara III Rp. 2 juta.

“Namun, karena ketiga siswa tersebut tidak datang maka uangnya sudah kami siapkan dan dalam waktu dekat kami akan kirimkan,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan Tabura Pos,  Wakil Gubernur Papua Barat, Mohammad Lakotani memberikan penghargaan berupa uang tunai sebesar Rp. 3,5 juta kepada setiap 3 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang meraih juara I pada kelompok lomba teknologi dan kelompok lomba pariwisata yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat, belum lama ini.

Lomba kelompok teknologi khusus Informasi Teknologi Jaringan diungguli siswa SMK Negeri III Kota Sorong, sementara Teknologi Animasi diungguli siswa SMK Negeri I Teluk Bintuni. Semetaran, kelompok lomba pariwista diungguli SMK Negeri II Kota Sorong.

Namun, sayangkan, karena kurang komunikasi dan kekurangan biaya transportasi dan akomodasi serta lainnya, akhirnya ketiga siswa tersebut tidak didatangkan dari Sorong dan Teluk Bintuni ke Manokwari, sehingga diterima secara perwakilan oleh siswa SMK di Manokwari. [FSM-R4]

Dibaca 104 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.