Peringati Hardiknas, Disdik Kabupaten Jayapura Gelar Pameran Pendidikan | Pasific Pos.com

| 19 September, 2019 |

Wabup Jayapura, Giri Wijayantoro didampingi Kadis Pendidikan Kabupaten Jayapura, Alpius Toam ST. M, MT., saat melihat salah satu karya yang di pamerkan pada pameran pendidikan di Halaman Upacara Kantor Bupati, Gunung Merah Sentani, Selasa (30/4) siang. Wabup Jayapura, Giri Wijayantoro didampingi Kadis Pendidikan Kabupaten Jayapura, Alpius Toam ST. M, MT., saat melihat salah satu karya yang di pamerkan pada pameran pendidikan di Halaman Upacara Kantor Bupati, Gunung Merah Sentani, Selasa (30/4) siang.

Peringati Hardiknas, Disdik Kabupaten Jayapura Gelar Pameran Pendidikan

Kabupaten Jayapura Penulis  Kamis, 02 Mei 2019 20:59 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Jayapura, menggelar pameran pendidikan di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (30/4) siang. Pameran pendidikan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Jayapura, Alpius Toam, ST., M.MT., mengatakan, pameran pendidikan ini merupakan rangkaian puncak kegiatan dalam rangka memperingati Hardiknas yang ke- 111 tahun 2019. Pameran ini melibatkan semua unsur pendidikan yang ada, mulai dari tingkat sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan gugus pendidikan dari yang ada di distrik.

“Tujuannya untuk memperkuat komitmen semua insan pendidikan untuk memajukan pendidikan khususnya di Kabupaten Jayapura,” tutur toam menjawab pertanyaan awak media

“Selain itu, pameran ini merupakan puncak kegiatan dalam rangka menyongsong Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ke- 111 tahun 20019. Tetapi, juga untuk menyemarakkan Kabupaten Jayapura guna bangkit dari kondisi bencana alam yang lalu,” sambungnya.

Ia menjelaskan, total jumlah stand yang mengikuti pameran pendidikan tersebut sebanyak 45 stand. Dengan rincian komponen sekolah dasar, komponen sekolah menengah pertama, komponen sekolah menengah atas, komponen pendidikan luar sekolah dan gugus-gugus pendidikan dari setiap distrik.

“Oleh karena itu, kita libatkan semua unsur pendidikan atau sekolah-sekolah. Dari 47 SMP dan 131 SD, memang ada sebagian sekolah yang tidak ikut dalam pameran karena terkendala transportasi. Tetapi, sebagian besar sekolah sudah ikut ambil bagian dalam pameran tersebut, mulai dari mengikuti lomba OSN, O2SN, festival seni siswa nasional, cerdas cermat dan festival pameran,” jelasnya.

Diharapkan, nantinya dapat menyegarkan kembali ingatan semua akan filosofi perjuangan yang ditorehkan oleh Ki Hajar Dewantara.

“Jadi seluruh kegiatan ini sudah diikuti oleh siswa dan kita lihat kegiatan (pameran) ini menjadi ajang evaluasi untuk melihat sejauh mana peningkatan mutu pendidikan yang terjadi di Kabupaten Jayapura. Baik untuk festival sains maupun cerdas cermat, kita menggunakan standar lomba itu standar provinsi dan juga nasional. Tujuannya, untuk mengukur kemampuan dan juga pemerataan mutu kualitas pendidikan di seluruh Kabupaten Jayapura. Nah, ini yang menjadi tujuan kita dalam rangka menyongsong Hardikasn ke- 111 tahun 2019,” tukasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro, mengapresiasi digelarnya pameran pendidikan yang ditempatkan di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura itu.

Menurutnya, pameran pendidikan sangat penting untuk menunjukkan hasil karya anak didik, sehingga diketahui oleh masyarakat luas dan karya-karya yang dihasilkan oleh siswa tidak hanya diketahui oleh kepala sekolah dan juga guru yang bersangkutan.

“Selain itu, dengan pameran ini semakin memupuk kepercayaan anak didik bahwa mereka mampu berkarya. Sebab, dengan hasil karyanya dipamerkan, maka mereka akan lebih percaya diri untuk terus berkarya,” imbuhnya.

“Dari peringatan Hardiknas ini, diharapkan semangat Ki Hajar Dewantara nampak untuk mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Di Kabupaten Jayapura, kita sama-sama saksikan yang diajar dan yang mengajar itu sama-sama mempunyai semangat yang sama untuk bisa berbagi dan mencerdaskan anak bangsa. Itu kita bisa lihat dari antusiasme pameran pendidikan yakni, ada yang datang dari sejak jam 6 pagi di lapangan upacara ini hingga di siang hari mereka masih terus semangat. Semoga ini bisa menjadi semangat untuk kita di Kabupaten Jayapura,” tandas Giri Wijayantoro.

Dibaca 94 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.