Jelang Popnas, Kemenpora Bahas Kesiapan Papua | Pasific Pos.com

| 20 September, 2019 |

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Daud Ngabalin. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Daud Ngabalin.

Jelang Popnas, Kemenpora Bahas Kesiapan Papua

Olahraga Penulis  Kamis, 02 Mei 2019 19:09 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI bersama Dinas Olahraga dan Pemuda Papua melakukan rapat koordinasi teknis persiapan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2019 Papua, di Hotel Aston Jayapura, Kamis, 2 Mei 2019.

POPNAS merupakan multievent olahraga sebagai ajang evaluasi pembinaan prestasi olahraga di kalangan pelajar setiap 2 tahun sekali sebagai kelanjutan Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL).

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Daud Ngabalin kepada pers disela-sela Rapat Koordinasi, mengatakan bahwa Provinsi Papua sudah sangat siap untuk menyelenggarakan PONPNAS 2019 tersebut.

 "kita Papua sudah siap, panitia terus melakukan kesiapan menyambut kegiatan olahraga pelajar itu, rapat koordinasi tadi kita membahas tentang bagaimana sinergitas antar akomodasi dan pertandingan. Kita berharap pertandingan di Popnas dan akomodasi itu bisa sejalan begitu pun dengan Paparpenas yang mempertandingan 6 cabang olahraga, jadi kita berharap semua fungsi ini bisa sejalan dengan baik,” ujarnya.

Ia mengatakan, direncanakan sebanyak 3995 atlet dari 34 Provinsi akan diturunkan pada Popnas ke XV, pada bulan Oktober tahun 2019 mendatang.
 
“Secara keseluruhan atlet Popnas itu 3995, pelatih 884, official 319, jadi total keseluruhan itu berjumlah 5198,” ungkap Daud.

Selain itu, dikatakan Daud, bahwa kesiapan tiap bidang pun hingga saat ini sudah sangat siap, baik dalam pembiyaan yang ditanggung oleh pemerintah provinsi Papua dari Kemenpora RI. "kalau dari sisi kesiapan panitia kita sudah siap, termasuk dengan kegiatan Peparpenas yang menyangkut dengan fasilitas disabilitas, dan semoga dalam waktu dekat bisa disesuaikan dengan baik. Karena ada perlakukan khusus untuk atlet disabilitas berbeda degan atlet lainya,” jelasnya.

Daud juga membeberkan soal peralatan pertandingan, ia menegaskan bahwa Pemerintah Papua sudah siap untuk melakukan pengadaan peralatan pertandingan.  
“kita akan belanja peralatan, dan kita berharap peralatan ini pun bisa dipakai saat PON nanti. Karena biayanya cukup besar, sehingga tidak mubasir,” katanya.

Saat disinggung mengenai dengan atlet Papua, dirinya optimis jika kontingen Papua bisa masuk dalam posisi lima besar. Sehingga Disorda Papua saat sudah intens menyiapkan atlet potensialnya dari 20 cabang olahraga.
“Saat ini atlet sedang melakukan persiapan, dan kita akan asah lewat tryout atau uji tanding yang digunakan di Kejurna PPLP, sambil kita mencari agenda nasional sampai bulan Oktober sebelum penyelenggaraan Popnas,” ujarnya.

Sekedar diketahui, 20 cabang olahraga yang akan dipertandingkan diantaranya Bola Voli Pasir, Bola Basket, Sepak Bola, Tinju, Panahan, Bola Voli, Tenis, Renang, Silat, Judo, Gulat, Karate, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Tarung Derajat, Sepak Takraw.

Dibaca 175 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX