Kisah Pegawai PLN Berjuang Melistriki Distrik Okaba | Pasific Pos.com

| 25 June, 2019 |

Sudartono melakukan perbaikan mesin yang mengalami gangguan. (Istimewa) Sudartono melakukan perbaikan mesin yang mengalami gangguan. (Istimewa)

Kisah Pegawai PLN Berjuang Melistriki Distrik Okaba

Papua Selatan Penulis  Kamis, 02 Mei 2019 11:15 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Merauke – Distrik Okaba adalah sebuah distrik yang terletak di wilayah Kabupaten Merauke, Papua. Berjarak kurang lebih 305 Kilometer dari Kota Merauke, distrik ini merupakan salah satu daerah dengan akses yang cukup sulit dijangkau

Perjalanan menuju Distrik Okaba memakan waktu selama 6,5 jam dari Kota Merauke melalui jalur darat dan air. Kondisi jalan yang penuh lumpur melewati hutan dan jauh dari kata baik merupakan salah satu tantangan untuk menuju ke distrik tersebut.

“Jangan berharap jalan sudah beraspal, tanah kering saja mereka bersyukur. Belum lagi kondisi sungai  yang seringkali tidak menentu menyebabkan perjuangan untuk sampai ke lokasi semakin berat,” ujar Manajer PLN UP3 Merauke, Daniel Karmel.

Untuk melistriki Distrik Okaba, sejumlah pegawai PLN berjuang melewati rintangan. Di distrik ini, 4 mesin pembangkit digunakan untuk menerangi wilayah tersebut dengan total daya mampu saat ini 216 kW, sementara beban puncak 156 kW. Dengan demikian, kondisi listrik di distrik tersebut mengalami surplus 60 kW.

Salah satu pegawai PLN, Sudartono bercerita mengenai perjuangannya bersama pegawai PLN lainnya untuk melistriki Distrik Okaba.

Selama 10 tahun, Sudartono yang telah berusia 52 tahun melewati medan berat agar bisa sampai ke Distrik Okaba. Sudartono telah mengabdikan dirinya di PLN selama 30 tahun.

Dia bertugas menjaga sistem kelistrikan di Distrik Okaba agar pasokan dapat diterima secara maksimal oleh masyarakat.

“Beberapa waktu lalu Distrik Okaba mengalami defisit sehingga kita melakukan relokasi mesin untuk menjaga keandalan pasokan listrik. Penuh perjuangan memang saat kemarin melakukan relokasi, tetapi saat mesin sudah beroperasi dan tidak lagi defisit, itulah salah satu kebanggaan kami,” ungkapnya.

Sejalan dengan Nawacita Presiden Republik Indoneisa, menerangi seluruh daerah-daerah di Indonesia merupakan tanggung jawab PLN yang harus dituntaskan.

Bagi orang-orang seperti Sudartono, tanggung jawab ini adalah ibadah. Perjuangan yang mereka lakukan mungkin tak terlihat atau bahkan tak sampai diapresiasi oleh banyak orang, namun  mereka melaksanakannya dengan ikhlas.

Harapannya sama seperti yang lain, listrik untuk seluruh rakyat Indonesia, bukan hanya untuk sebagian. (Zulkifli)

Dibaca 57 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX