Tingkatkan Pemahaman Nelayan Lewat SLI | Pasific Pos.com

| 21 August, 2019 |

Proses penyematan tanda peserta (foto:iis) Proses penyematan tanda peserta (foto:iis)

Tingkatkan Pemahaman Nelayan Lewat SLI

Papua Selatan Penulis  Rabu, 01 Mei 2019 19:16 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan BMKG, Nelly Florida Riama mengemukakan bahwa BMKG melaksanakan Sekolah Lapang Iklim (SLI) Nelayan Provinsi Papua untuk  meningkatkan pemahaman informasi  cuaca dan iklim maritim bagi para nelayan, nahkoda kapal dan para penyuluh perikanan. Sebab biasanya  informasi yang diberikan oleh pihaknya kerap menggunakan bahasa yang terlalu teknis sehingga dikuatirkan menyebabkan ketidakpahaman bagi para nelayan. Oleh sebab itu pihaknya merasa perlu untuk melakukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan pemahaman nelayan dalam memahami informasi BMKG dengan bahasa yang lebih sederhana.

“Sebab bapak ibu merupakan perpanjangan tangan BMKG untuk menyampaikan informasi ini hingga ke para nelayan,”terangnya pada pembukaan SLI Nelayan Provinsi Papua sebagai salah satu upaya diseminasi informasi cuaca dan iklim di bidang kemaritiman yang berlangsung di CoreInn Hotel kemarin. Lebih lanjut ia menyampaikan, Ia menjelaskan, Merauke memiliki daya tarik tersendiri dan kekayaan alam yang cukup tinggi sehingga banyak kapal dari luar daerah yang singgah. Potensi perikanan di daerah ini tergolong tinggi namun kondisi lautnya juga cukup berbahaya sehingga banyak kejadian ekstrim yang terjadi.

Oleh sebab itu ketika BMKG mengeluarkan instruksi untuk tidak berlayar agar dipatuhi karena kondisi yang ada sangat membahayakan keselamatan. Meskipun diakui justru pada waktu-waktu demikian ikannya cukup banyak dan ini yang menjadi tantangan tersendiri, dimana nelayan tetap dapat ikan banyak tetapi juga harus selamat.  Ia berharap dengan digelarnya SLI maka semakin mendekatkan BMKG dan nelayan karena BMKG dikatakan berhasil ketika informasi yang disampaikan benar-benar diterima oleh nelayan. “Judulnya memang sekolah namun sekolah yang dimaksud di sini lebih kepada upaya memudahkan kita untuk mengingat karena jika tidak ada pemahaman maka tidak akan berguna. Karena ini adalah pendidikan orang dewasa sehingga akan lebih banyak prakteknya dan diharapkan informasi yang kami berikan dapat bermanfaat,”terang Nelly.

Dibaca 81 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.