Insan Kemaritiman Diminta Pahami Informasi Cuaca | Pasific Pos.com

| 19 October, 2019 |

Peserta saat mengikuti pembukaan (foto:iis) Peserta saat mengikuti pembukaan (foto:iis)

Insan Kemaritiman Diminta Pahami Informasi Cuaca

Papua Selatan Penulis  Rabu, 01 Mei 2019 19:15 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-insan-insan kemaritiman seperti para penyuluh perikanan, nelayan dan nahkoda kapal dapat memahami dan mengerti arti pentingnya informasi cuaca dan iklim maritime guna mendukung kegiatan kelautan dan kemaritiman. Informasi cuaca dan iklim maritime sangat penting untuk mendukung kegiatan kelautan terutama untuk bekal keselamatan selama di laut.  BMKG memiliki tugas pokok untuk menyediakan informasi cuaca maritime seperti informasi tinggi gelombang, arah dan kecepatan angin, arus laut hingga informasi peringatan dini terkait cuaca ekstrim di laut.

Hal tersebut dikemukakan Bupati Merauke dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten III Setda Merauke, Anakletus Mambol pada pembukaan Sekolah Lapang Iklim (SLI) Nelayan di CoreInn Hotel kemarin. Lebih lanjut dikemukakan bahwa fenomena cuaca ekstrim memang tidak bisa dihindari. Namun dengan adanya informasi cuaca dan iklim dari BMKG, kita dapat mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang dapat menimbulkan korban jiwa. Selain itu adanya informasi upwelling dapat memberikan adanya informasi tentang indikasi tingginya zat hara yang memungkinkan wilayah perairan tersebut banyak terdapat ikan sehingga tangkapan nelayan dapat meningkat.  Oleh sebab itu SLI merupakan salah satu cara untuk dapat mensiosialisasikan serta meningkatan pemahaman dan kepedulian tentang pentingnya informasi dan iklim maritim.

Dikatakan, Stasiun Meteorologi Mopah Merauke bertanggung jawab memberikan pelayanan  informasi cuaca dan iklim maritim di wilayah perairan Papua bagian selatan sebagai instansi pemerintah yang diberikan otoritas dalam  pemberian pelayanan informasi. Maka diharapkan seluruh informasi tersebut dapat diterima oleh masyarakat.  Namun demikian masih banyak kekurangan dan keterbatasan terutama dari segi komunikasi di laut dimana tidak ada sinyal sehingga informasi  tidak dapat tersampaikan dengan baik. Namun hal ini bukan menjadi alasan karena BMKG akan terus berupaya melakukan pengembangan pelayanan dan bekerjasama dengan instansi terkait sehingga dapat meminimalisir segala kekurangan yang ada.

Dibaca 120 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX