Potensi Perikanan dan Kelautan Papua Penting Dikelola Secara Berkelanjutan | Pasific Pos.com

| 13 December, 2019 |

Potensi Perikanan dan Kelautan Papua Penting Dikelola Secara Berkelanjutan

Ekonomi & Bisnis Penulis  Senin, 29 April 2019 18:31 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Sektor perikanan dan kelautan Papua bernilai tinggi dan sangat penting untuk dikelola secara berkelanjutan, sebab di masa yang akan datang akan menjadi pilihan dan harapan Papua dibanding dengan potensi sumber daya alam lainnya.

Demikian peegasan Gubernur dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Sekda Papua, Noack Kapisa, pada kegiatan Forum Koordinasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bidang Kelautan dan Perikana se Papua di Jakarta, Senin, 29 April 2019.

Dikatakan, kebijakan program dan aksi yang kita laksanakan dari tahun ke tahun untuk meningkatkan sektor kelautan dan perikanan, dalam upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan seluruh masyarakat umum dan khususnya masyarakat perikanan di Provinsi Papua.

“Kita harus menyatukan pikiran untuk sesuatu yang mestinya menjadi bagian penting bagi kehidupan yaitu sektor kelautan dan perikanan di Papua,” ujarnya.

Disisi lain, pelaksanaan PON 2020 membutuhkan peran saudara-saudara dan pelaku usaha perikanan lainnya menyiapkan ketersedian stok ikan untuk memenuhi kebutuhan ikan pada pelaksanaan PON 2020 nanti.

Disamping itu pengembangan dan peningkatan komoditas unggulan perikanan di - 5 (lima) wilayah adat terus didorong agar mampu menjadi penggerak ekonomi utama (prime mover) di daerah sesuai dengan konsep pengembangan kegiatan ekonomi secara terintegrasi dengan prinsip tanam, petik, olah dan jual Oleh karena itu, pada forum koordinasi OPD ini harus mampu merumuskan langkah-langkah perencanaan yang tepat dan strategis dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan di provinsi papua dalam rangka menuju Papua yang Mandiri dan Sejahtera.

Oleh karena itu, pada kegiatan forum koordinasi OPD ini harus mampu merumuskan langkah-langkah perencanaan yang tepat dan strategis dalam pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan di Papua dalam rangka menuju Papua yang mandiri dan sejahtera.

Dibaca 275 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX