Distrik Sidey Usulkan Pembangunan Jalan Produksi | Pasific Pos.com

| 22 September, 2019 |

Distrik Sidey Usulkan Pembangunan Jalan Produksi

Papua Barat Penulis  Sabtu, 27 April 2019 10:12 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP - Provinsi Papua Barat pada tahun anggaran 2019 menerima program Pengembangan Infrastruktur Sosial dan Ekonomi Wilayah (PISEW) yang tersebar di 17 distrik di 6 kabupaten kabupaten. Diantaranya, di kabupaten Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak, Manokwari, Teluk Wondama dan Fakfak yang masing-masing tersebar di 3 distrik dan 2 distrik untuk kabupaten Sorong.

Penanggungjawab program PISEW Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Papua Barat, Ulil Absor Madison Siregar mengatakan PISEW merupakan program membangun infrastruktur dalam satu kawasan yang menghubungkan antar kampung, dengan maksud agar infrastruktur tersebut bisa difungsikan oleh masyarakat dari dua kampung.

“Ada batasan-batasan infrastruktur yang dibangun dalam program PISEW ini, standarnya tidak boleh membangun rumah ibadah, perumahan ataupun infrastruktur yang berbau kepentingan pribadi. Tapi, harus infrastruktur yang bisa difungsikan oleh warga di kedua kampung,” jelas Madison pada Pertemuan Kecamatan (PK) I di Kantor Distrik Sidey Kabupaten Manokwari, Rabu (24/4).

Dikatalan dia, tahun ini adalah tahun pertama Distrik Sidey menerima program PISEW, sehingga diharapkan, infrastruktur yang akan dibangun perencanaannya disusun dengan baik sesuai dengan kebutuhan prioritas masyarakat. Setiap distrik yang menerima program PISEW, akan menerima anggaran Rp. 600 juta, tanpa dipotong pajak.

“Infrastruktur yang dibangunpun yang paling cocok, tepat dan paling dibutuhkan masyarakat setempat. Proses awalnya kita menggali potensi kawasan sesuai dengan usulan masyarakat. Pendamping yang menghitung rab infrastruktur yang akan dibangun. Kementerian PUPR tidak mengintervensi apa yang harus dibangun. Namun mengarahkan dan mengawasi agar program PISEW dilaksanakan sesuai koridornya,” imbuh Madison.

Kepala Distrik Sidey, Mirdan D. Husein dalam pertemuan itu mengaku senang dan bersyukur, Distrik yang dipimpinnya akhirnya bisa mendapatkan bantuan APBN. Apalagi, program kegiatan itu masuk melalui distrik dan telah dikoordinasikan terlebih dahulu, sehingga sesuai kebutuhan dan tidak mubazir.

Untuk mendukung pengembangan permukiman yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dan dalam mendukung pengembangan ekonomi masyarakat, mereka mengusulkan  pembangunan jalan produksi. [RYA-R3]

Dibaca 112 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.