Linkages Papua Gelar Pelatihan Bagi Pengurus dan Organisasi KPA | Pasific Pos.com

| 12 November, 2019 |

Capacity Development Officer Linkages, Amri Yahya saat diwawancara Capacity Development Officer Linkages, Amri Yahya saat diwawancara

Linkages Papua Gelar Pelatihan Bagi Pengurus dan Organisasi KPA

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Jumat, 26 April 2019 18:04 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)



Laporan : Ramah

JAYAPURA - Linkages Papua menggelar pelatihan Basic Program HIV-AIDS Secara Nasional selama tiga hari dari 23-25 April 2019 di Grand Abe Hotel Jayapura untuk membantu Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Papua dalam meningkatkan kapasitas bagi pengurus dan organisasi KPA Papua.

"Jadi, sebagai lembaga yang bekerja untuk mengkoordinir program HIV, KPA harus tau program apa yang ada di Indonesia sehingga dalam menjalankan kerjanya, KPA bisa menginplementasikan program dengan baik," kata Capacity Development Officer Linkages, Amri Yahya.

Pria yang akrab disapa Chandra ini menjelaskan, pelatihan selama tiga hari dibagi menjadi tiga sesi, yaitu tentang epidemi HIV, fast trak, layanan komprehensif berkesinambungan, PPIA dan lain-lain.

"Ini yang menjadi penting nanti ketika KPA berjalan dan menyusun programnya, KPA bisa menjalankan program itu dan mengacu pada program nasional yang kami ajarkan dalam pelatihan kali ini," ujar Chandra.

Menurut Chandra, menjalankan organisasi KPA ada aturannya. Artinya, idak bisa menjalankan organisasi sembarangan karena mengacu para peraturan presiden, pereaturan menteri, dan perda.

"Kalau organisasi KPA strukturnya baik dan paham tentang tugas dan fungsinya sebagai KPA maka program bisa dijalankan dengan baik. Mudah-mudahan upaya penaggulangan HIV-AIDS di Papua bisa berjalan dengan baik," jelas Chandra.

Diungkapkan Chandra, salah satu kasus tertinggi ada di Papua karena penularannya bukan hanya di polulasi kunci tapi juga ada di masyarakat umum. Sehingga perlu upaya yang lebih cepat agar HIV tidak menyebar lebih luas lagi ke masyarakat.

"Kasus HIV di Papua sudah 39 ribu lebih secara kumulatif (sudah meninggal dan pindah), tapi yang kami tangani bukan yang jumlanya 39 ribu itu tapi orang-orang yang masih ada diajak dengan minum obat ARV sampai virusnya tidak terdeteksi

"Nanti juga ada pelatihan tentang organisasi dan tata pelaksanaan KPA. Jadi, kami akan mengajarkan dan memberikan informasi kepada pengurus KPA tentang fungsi dan peran KPA," tutur Chandra.

Sebelumnya Linkeges Papua sudah menyelenggaran pelatihan tentang informasi dasar HIV bagi pengurus KPA dengan memberikan pengetahuan, informasi dan keterampilan tentang HIV mulai dari pencegan, penularan dan pengobatan.

Dibaca 146 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.