Lomba Intensifikasi Dan Ekstensifikasi | Pasific Pos.com

| 20 September, 2019 |

Alexander Gebze, SE selaku ketua panitia lomba intensifikasi dan ekstensifikasi pajak bumi dan bangunan tingkat distrik, kelurahan  dan kampung saat menyampaikan laporan (foto:iis) Alexander Gebze, SE selaku ketua panitia lomba intensifikasi dan ekstensifikasi pajak bumi dan bangunan tingkat distrik, kelurahan dan kampung saat menyampaikan laporan (foto:iis)

Lomba Intensifikasi Dan Ekstensifikasi

Papua Selatan Penulis  Kamis, 25 April 2019 20:02 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

‘Terbosan Tingkatkan Penerimaan Daerah’



MERAUKE,ARAFURA,-Dalam rangka meningkatkan penerimaan daerah khususnya penerimaan yang bersumber dari pajak bumi dan bangunan sector perkotaan dan pedesaan maka Pemerintah Kabupaten Merauke telah melakukan terobosan antara lain dengan memberikan kewenangan kepada aparat distrik, kelurahan dan kampung sebagai kolektor untuk melaksanakan penyampaian Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) kepada wajib pajak dan pemungutan pajak bumi dan bangunan.

Terobosan lain adalah memberikan rangsangan kepada para petugas atau kolektor PBB berupa honorarium pengelolaan PBB dan operasional atas penerimaan pajak SPPT, realisasi penyetoran yang dilakukan dan tahap akhir adalah diadakannya  lomba intensifikasi dan ekstensifikasi pajak bumi dan bangunan tingkat distrik, kelurahan  dan kampung. Hal tersebut dikemukakan Alexander Gebze, SE selaku ketua panitia lomba intensifikasi dan ekstensifikasi pajak bumi dan bangunan tingkat distrik, kelurahan  dan kampung pada acara penyerahan hadiah di Megaria Hotel Selasa lalu.

Lebih lanjut ia  menyampaikan, selain untuk mendorong percepatan realisasi penerimaan, lomba tersebut juga sebagai sarana peningkatan pengetahuan dan ketrampilan aparat distrik, kelurahan dan kampung di wilayah Merauke serta pemahaman terhadap tertib administrasi dan pola pendekatan kepada masyarakat. Oleh sebab Bapenda Kabupaten Merauke selaku pelaksana dan koordinator pengelolaa pendapatan pajak daerah di Kabupaten Merauke mengadakan lomba dimana pajak bumi dan bangunan meliputi 12 distrik, 11 kelurahan dan 69 kampung.

Tujuan lomba antara lain untuk memberikan motivasi kepada petugas tentang pengelolaan PBB yang baik sejak tahap administrasi SPPT, penanganan permasalahan, penyetoran serta strategi permasalahan. Dijelaskan, PBB memiliki satu persepsi yang sama dalam mengelola dan menggali, baik sector pedesaan maupun perkotaan. Untuk itu petugas diminta memberikan pengertian kepada masyarakat di lingkungan kerja akan pentingnya membayar pajak dan untuk distrik, kelurahan dan kampung agar terus menerus memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat untuk taat membayar pajak.

Dibaca 85 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX