Kesetaraan Gender di Pemkab Manokwari Terwujud | Pasific Pos.com

| 22 September, 2019 |

Kesetaraan Gender di Pemkab Manokwari Terwujud

Papua Barat Penulis  Kamis, 25 April 2019 16:45 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Saat ini ada beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Asisten di lingkup Pemkab Manokwari dipimpin oleh perempuan. Diantaranya, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB (DP3AKB), Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disperindagkop dan UKM) serta Asisten III Setda Kabupaten Manokwari.

Selain eselon II, ada pula jabatan struktural eselon III dan eselon IV yang dipimpin oleh perempuan. Banyaknya perempuan pada sejumlah jabatan yang dipegang oleh perempuan merupakan upaya Pemkab Manokwari mewujudkan kesetaraan gender di lingkungan pemerintahan.

“Di eselon II ada beberapa perempuan yang menduduki jabatan kepala dinas. Di eselon III dan IV ada banyak perempuan. Apalagi dengan pelantikan kemarin tambah banyak lagi. Saya tidak hafal jumlahnya, tapi sangat banyak dalam rangka kesetaraan gender,” ujar Wakil Bupati Manokwari, Edi Budoyo kepada wartawan usai peringatan Hari Kartini di gedung serbaguna Maranatha Center, Rabu (24/4).

Menurutnya, meski jumlah pejabat perempuan belum sebanyak pejabat laki-laki, namun jumlah itu sudah sangat banyak. “Kalau 50:50 persen belum. Tapi itu terpecah antara eselon III dan IV, dan itu sangat banyak,” tegasnya.

Ditegaskan dia, pejabat yang menduduki jabatan di lingkup Pemkab Manokwari termasuk perempuan sudah melalui penilaian yang sangat ketat berdasarkan Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisi Beban Kerja (ABK) maupun perilaku dan loyalitas mereka.

“Penilaian juga menyangkut masalah perilaku (attitude) sopan santun, dan lebih penting adalah masalah loyalitas (kesetiaan) kepada pimpinan. Itu juga lebih penting. Kalau seandainya bawahan sudah tidak loyal kepada pimpinan ya apa boleh buat. Jadi selain untuk kesetaraan gender juga penilaian selektif,” sebutnya.

Melalui sistem seperti itu, Ia berharap pelayanan kepada masyarakat tetap optimal dan perempuan tidak kalah dibanding laki-laki. (BNB-R3)

Dibaca 121 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.