KKSB Menyerang Dua Prajurit Terkena Tembakan | Pasific Pos.com

| 22 November, 2019 |

KKSB Menyerang Dua Prajurit Terkena Tembakan

Kriminal Penulis  Kamis, 25 April 2019 16:14 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura, - Dua orang prajurit anggota Yonif 321/GT terkena tembakan saat kelompok kriminal sipil bersenjata (KKSB) menembaki Helly yang mendarat di halaman kantor distrik Nirkuri kabupaten Nduga.

Helly Bell dengan no. Seri HA-5179 milik penerbad TNI AD landing dalam rangka mengantar bahan makanan kebutuhan rutin pasukan TNI yang sedang melaksanakan pengamanan Trans Papua.

Pada pukul 10.45 Wit saat bongkar muat bamak dari Helly yang dilaksanakan oleh 01 regu Prajurit ( 10 orang) yang akan menjemput bahan makanan tiba-tiba mendapat serangan dari pihak Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) yang teridentifikasi dari kelompok Egianus Kogoya.

KKSB melakukan serangan dari jarak cukup jauh sekitar 100 meter dengan sistem hit and run. Mereka menyerang secara tiba-tiba kemudian menghilang melarikan diri ke dalam hutan. Pasukan TNI berusaha membalas namun belum diketahui adanya korban dari pihak KKSB.

Dari serangan tersebut mengakibatkan 2 orang Prajurit TNI mengalami luka tembak a.n. Serda Dedy terserempet proyektil dibagian punggung ( arah tembakan menyamping dari kiri ke kanan di balik rompi) dan  Prada M. Hoirul Zahman Zahri mengalami luka  tembak pada betis kiri.

Saat ini kedua korban sudah dievakuasi ke Timika dan dirawat di RSUD Timika, berdasarkan laporan tim medis bahwa kondisi kedua korban dalam keadaan stabil dan tidak ada yang mengenai organ vital.


Kronologis Kejadian

Sementara itu dari data lapangan diketahui pada saat Helli Bell 421 dengan pilot Mayor Cpn Agus Falah bersama crew selesai melakukan serpas anggota Yonif Raider 321/GT, telah terjadi penembakan dari pok TPNPB dan mengenai salah satu anggota Yonif Raider 321/GT pada kaki tembus Selanjutnya saat Helli Bell 421 akan melakukan evakuasi korban, terjadi penembakan kembali dan  mengenai salah satu crew Helli Bell 421 atasnana Serda Dedi Kuswoyo dan mengenai pada punggung sebelah kiri.

Setelah kedua korban berada dalam Helli Bell 421 selanjutnya terbang menuju Bandara Moses kilangin mimika.
Sekitar pukul 11.20 wit Helly Bell 421/GT dengan Pilot Mayor Cpn Agus Falah tiba dilandasan Penerbad Bandara Moses Kilangun Mimika dan selanjutnya korban dibawa ke RSUD Mimika.

Namun karena Dokter ahli bedah RSUD Mimika sedang melaksanakan dinas luar kota maka kedua korban selanjutnya dirujuk ke RSMM Charitas di SP 5 Mimika.

Kedua koban, Prada Muhammad H Zahman (Yonif Raider 321/GT) mengalami luka tembak dibawah betis kaki kiri tembus (arah tembakan dari kanan dan merusak syaraf kaki kiri) dan Serda Dedy Keswoyo (Penerbad) mengalami luka tembak pada punggung tidak tembus (indikasi anak peluru bersarang, kemungkinan mengenai paru- paru).

Saat sekarang kedua korban masih dalam penanganan di RSMM Charitas

Dibaca 155 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.