Dewan Berharap, Musrembang Tahun Ini Dapat Memberikan Inovasi Baru | Pasific Pos.com

| 15 December, 2019 |

Dewan Berharap, Musrembang Tahun Ini Dapat Memberikan Inovasi Baru

Info Papua Penulis  Rabu, 24 April 2019 21:39 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura, - Anggota Komisi I DPR Papua bidang Pemerintahan, Politik, Hukum dan HAM, Yonas Alfons Nussy menilai Musyawarah Perencanaan Pembangunan - Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) yang diseleggarakan oleh Pemerintah Provinsi Papua, sangat baik.

Dengan dilaksanakan Musrenbang RKPD itu,  Yonas Nussy berharap, Musrenbang tahun ini dapat memberikan pergerakan inovasi baru terkait dengan proses pembangunan di Papua.

"Pada prinsipnya kami DPR Papua, sangat senang dan setuju dengan terobosan yang dilakukan oleh Pemprov Papua. Papua ini sudah memberikan sebuah langkah maju yang cukup signifikan," Tandasnya.

Namun disini, ia ingin menegaskan, jika pihaknya juga sejalan dengan pikiran dari Bapak Wakil Gubernur, Klemen Tinal, SE. MM, bahwa kita ini mengurus rakyat yang jumlahnya tiga juta jiwa, tapi kenapa sampai tidak bisa ada perubahan.

"Kita ini bukan manusia produksi tapi kita ini masih manusia konsuntif sehingga yang harus kita lakukan bahwa uang ini harus ada ditangan rakyat.
Jadi apa yang kita harus lakukan sehingga uang ini ada di tangan rakyat, berarti rakyat ini harus dibuat sebuah aktivitas produksi seperti home-home industri yang kita pandang bisa dilakukan oleh rakyat secara cepat," paparnya.

Untuk itu kata Yonas Nussy, DPR Papua terus berupaya untuk bagaimana membangkitkan ekonomi rakyat dengan membuat regulasi untuk pangan lokal dan lain sebagainya.

"Hal ini dalam rangka bagimana memberikan ruang yang cukup kepada home-home industri di setiap wilayah yang punya potensi untuk bisa mengembangkan home industri apa saja, sehingga dari home industri itu dia akan memberikan produksi yang dapat masuk pasar," ujar Nussy.

Artinya lanjut Nussy, kualitias pasar yang kita bisa harapkan bisa mendominasi dari prodak-prodak yang dibutuhkan oleh masyarakat produktif hari ini.

"Contoh Kopi, kopi dalam presentase Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan bahwa potensi ini cukup menggiurkan sama dengan Sagu dan lain sebagainya.
Tapi kita harus memulai sesuatu, makanya kita mencoba bersama Uncen kita mendorong harus segera di lounching prodak tepung tapioka atau Cenderawasih Gold, dan ada juga diikutkan beberapa makanan ciri khas Papua yang bisa kita lihat sebagai bagian untuk membangkitkan pergerakan ekonomi rakyat," terangnnya.

Menurutnya, Musrenbang kali ini harus memberikan proteksi secara baik karena menurut arahan Wakil Gubernur kita harus dengar apa kata rakyat.

"Jadi rakyat maunya apa. Ini sebuah penyampaian dan kebijakan yang dilakukan oleh pemimpin kita ini sudah cukup baik," ucapnya.

Oleh karena itu, tandas Yonas Nussy, seluruh SKPD yang ada, harus mampu menterjemahkan visi misi dari pimpinan daerah sehingga apa yang kita harapkan ini dapat berjalan dengan baik.

Dengan demikian tambahnya, Musrenbang kali ini kita harapkan bisa Memberikan  kenyamanan bagi masyarakat Papua dalam membangkitkan kekuatan ekonomi rakyat secara baik.

"Tugas kami DPR, membuat regulasi untuk memberikan perlindungan setiap hak rakyat yang dapat melakukan aktivitas ekonomi dengan baik. Dengan dia tidak ragu dan tidak percaya diri, tapi ini yang harus kita lakukan," pungkasnya. (TIARA)

Dibaca 132 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX