Pemkot Gelar Monitoring Meja Triwulan II | Pasific Pos.com

| 19 August, 2019 |

Pemkot Gelar Monitoring Meja Triwulan II

Kota Jayapura Penulis  Kamis, 30 Juli 2015 07:12 1
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- Untuk mengetahuii perkembangan pelaksanaan kegiatan dan realisasi fisik dan keungan tahun 2015, pemerintah kota Jayapura melakukan monitoring meja.
Hal ini dilakukan untuk mengsingkronisasikan antara perencanaan dan pelaksanaan capaian kegiatan, serta untuk mengetahui masalah dan kendala dalam melaksanakan program dan kegiatan sekaligus mencari solusi untuk memperbaiki dan mempercepat hanya dengan waktu efektif  5 bulan ke depan.
Monitoring meja yang dilkaukan Rabu (29/7) di gedung serbaguna Sian Soor kantor walikota Jayapura dan dibuka oleh walikota Benhur Tommi Mano, turut hadir pada cara tersebut, wakil walikota jayapura, Dr.H.Nuralam,SE,M,Si, wakil ketua DPRD Kota Jayapura, seluruh pimpinan SKPD, para staf ahli dan asisten, seluruh kepala sekolah, kepala Dsitrik, Kepala kelurahan, kepala kampung, bendahara dan PPTK.
Walikota sambutanya mengatakan, monitoring program dan kegiatan  yang dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan realisasi fisik dan keungan, serta ingin mengetahui capaian-capaian dan masalah yang dihadapi sehingga dapat mencari solusi guna percepatan kegiatan pembangunan di kota Jayapura.
Dikatakan berdasarkan laporan kepala Bapeda kota Jayapura bahwa  dari 196 program dan 637 kegiatan secara fisik baru mencapai 45,53 %,dan keungan baru mencapai  17,22 %
Target di bulan ke II harus mencapai 50 %, sehingga membuat Walikota sangat ragu, karena apakah SKPD serius untuk mendukung dan mempercepat program sehingga mencapai 100 % atau tidak.
Padahal waktu efektif tinggal 4 bulan karena bulan Desember sudah merupakan persiapan pertanggungjawaban, dan sejauh mana SKPD dan PPTK bertanggung jawab atas program-program tersebut, walikota sempat menyoroti ketidakseriusan sejumlah Pimpinan SKPD dan PPTK atas keterlambatan program.
Program dan kegiatan adalah merupakan implementasi dari visi dan misi BTM-ALAM yang dijabarkan dalam berbagai aspek program pembangunan.
Pada forum tersebut Walikota juga mengevaluasi pengguna anggaran dan PPTK, Pemeriksaan keuangan daerah tahun 2016,  kata walikota BTM yang di kelola oleh masing –masing SKPD  antinya akan mengacu pada pemeriksaan standar akutansi Pemerintah yang berbasis akrual, dan hal itu akan berlaku pada tanggal 1 Januri 2016. Untuk Kota Jayapura telah siap untuk melaksanakan sistim akrual tersebut.
Walikota juga minta kepada selurunya untuk melaksanakan program dan kegiatan untuk menata admistrasi terutama penertiban seluruh aset yang dikelola masing-masing SKPD. Dikatakan juga, dari seluruh SKPD hanya satu dua saja yang melaporkan aset kepada walikota jayapura.
Dengan hasil yang disampaikan dan tidak sesuai dengan harapan walikota pada monitoring ke II, karena seharusnya relalisasi sudah mencapai 50 %,dengan data realosasi fisik dibawah 50 % sehingga dirinya minta agar seluruh SKPD dapat serius baik sebagai PPTK maupun pengguna anggaran agar segera memacu kegiatan-kegiatan yang sampai saat ini belum dilakukan pelelangan di LPSE maupun ULP.
Walikota Juga minta kepada seluruh SKPD agar mendorong program strategis yakni pembangunan imprastruktur jalan dan jembatan Hamadi Holtekamp, pembangunan terminal  tipe A dan C Entrop dan Batas kota dan pembangunan rumah sakit umum tipe C Koya Barat. Pembangunan pasar regional Youtefa, pembangunan jembatan kampung Moso.
Kepala Bapeda Kota Jayapura Andi Jitmau saat menyampaikan laporan mengatakan jumlah dana untuk kegiatan belanja  langsung pembangunan tahun 2015 sebesar 455 Milyar lebih  untuk membiyayai 196 program dan 637 kegiatan dengan realisasi komulatif sampai bulan Juni 2015 dengan realisasi fisik 45,53 % sedangkan keuangan baru mencapai 17,22 %, sedangkan dari 637 kegiatan yang telah dikelola oleh masing-masing SKPD dan yang sedang di proses melalu ULP dan LPSE sebanyak 58 kegiatan, sedangkan 579  kegiatan belum dilaksanakan. (Erna)

Dibaca 693 kali

1 comment

  • Comment Link abenel magai 9/ 06/ 2019 posted by abenel magai

    kami mintah sistematika kegiatan monitoring meja
    pada kabupaten

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.