Pemkab Lanny Jaya Terima Penghargaan dari Gubernur | Pasific Pos.com

| 20 September, 2019 |

Pemkab Lanny Jaya Terima Penghargaan dari Gubernur

Info Papua Penulis  Rabu, 24 April 2019 20:35 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lanny Jaya menerima penghargaan dari Gubernur Provinsi Papua atas keberhasilan dalam mengurangi Angka Kemiskinan dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal kepada Sekda Lanny Jaya Christian Sohilait, disela-sela Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrembangda) Papua di Jayapura, Rabu, 24 April 2019.

Sekda Lanny Jaya Christian Sohilait, memberikan apresiasi kepada jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lanny Jaya dan seluruh masyarakat atas prestasi yang dicapai ini.

"mewakili Bupati saya sampaikan apresiasi kepada semua stakeholder, penghargaan ini tak lepas dari kinerja terbaik dari seluruh perangkat dan masyarakat Lanny Jaya," ujar Christian Sohilait kepada pers.

Sekda Sohilait mengatakan, dalam beberapa tahun ini pemkab Lanny Jaya mampu meningkatkan indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan menekan angka kemiskinan. Namun, pihaknya akan terus bekerja keras untuk meningkatkan pemerataan dan kualitas pendidikan. Hal itu dibuktikan dengan meningkatnya angka melek huruf. "saat ini angka buta huruf sebanyak 40 ribu, kita target akhir tahun ini bisa turun 20 ribu angka buta huruf," ujarnya.

Dijelaskan, Lanny Jaya dibawah kepemimpinan bupati Befa Jigibalon dan Wakil Bupati Yemis Koyoga telah mencanangkan program Lanny Jaya Mandiri dan Sehat untuk membantu masyarakat dalam hal kesehatan, pendidikan, infrastruktur dan perekonomian.

Jadi, secara umum faktor yang mempengaruhi IPM kita meningkat adalah kita punya program satu juga per bulan kepada masing-masing kepala keluarga, dan ada 10 indikator untuk mereka bisa mendapat bantuan tersebut, indikator ini dapat dipenuhi masyarakat sehingga mampu meningkatkan IPM dan menekan angka kemiskinan," urainya.

Disisi lain, anak-anak usia dini tidak boleh ada yang putus sekolah maupun ikut orang tua berkebun, tugas anak-anak adalah sekolah, kalau ketahuan ada yang putus sekolah maka bantuan yang kita berikan dipotong.

Selain itu, Pemkab Lanny Jaya semakin fokus terhadap permasalahan penularan HIV di Lanny Jaya. Dimana, jika ada orang baru yang tertular HIV maka langsung dilakukan advokasi. “Masalah HIV sudah menjadi prioritas kami, kita harus sikapi dengan serius,” ucap Sekda.

Pada kesempatan ini, Pemerintah Provinsi Papua juga memberikan penghargaan ‘Papua Bangkit’ kepada kabupaten-kabupaten yang berhasil mengurangi Angka Kemiskinan Terbaik yaitu Kabupaten Deiyai, dan Yahukimo, kabupaten dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) terbaik yaitu Kabupaten Nduga, Pegunungan Bintang serta kabupaten dengan  peningkatan Indeks Pembangunan Gender (IPG) terbaik yaitu Kabupaten Yahukimo, Waropen dan Puncak Jaya.

Dibaca 111 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.