Guru Ikut Bimtek Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah | Pasific Pos.com

| 18 June, 2019 |

Para guru saat mengikuti Bimtek (foto:iis) Para guru saat mengikuti Bimtek (foto:iis)

Guru Ikut Bimtek Keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah

Papua Selatan Penulis  Selasa, 23 April 2019 22:19 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Sejumlah guru dan beberapa sekolah di Merauke belum lama ini mengikuti Bimtek keamanan pangan jajanan anak sekolah yang berlangsung di CoreInn Hotel. Tampil sebagai pemberi materi, Plh.Kepala Loka POM Kabupaten Merauke, Santi Mangisu, S.Si, Apt yang menekankan pada sejumlah hal penting antara lain yang terkait dengan  pembentukan tim keamanan pangan dan jika nantinya membutuhkan bimbingan, koordinasi dan konsultasi maka bisa datang ke lembaga terkait seperti Dinas Kesehatan, Loka POM maupun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.  Ia juga menyampaikan tentang pola manajemen keamanan pangan di sekolah mulai dari garis instruksi dan garis koordinasinya yakni dari pimpinan puncak, pelaksana hingga kantin sekolah dan pedagang jajanan di sekitar sekolah.

Kepala sekolah sebagai pimpinan tertinggi dan ketua tim  bertanggung jawab langsung kepada kepala sekolah dan lembaga tim pembina dapat masuk ke sekolah untuk melaksanakan sosialisasi atau memberikan penyuluhan keamanan pangan. Jika para guru membutuhkan narasumber untuk memberikan sosialisasi di sekolah  maka Loka POM bersedia untuk membantu. Seperti halnya di Jayapura, Loka POM setempat sudah mempunyai jadwal tetap ke beberapa sekolah yang bertepatan dengan waktu penerimaan siswa baru. Dalam hal ini ketika berlangsung kegiatan pengenalan lingkungan sekolah maka sekolah harus mengundang sejumlah pihak untuk memberikan penyuluhan-penyuluhan.

Biasanya instansi yang dihadirkan antara lain dari badan narkotika, kepolisian dan lain sebagainya. Untuk Balai POM sendiri khusus diundang guna memberikan pemahaman tentang keamanan pangan terutama jajanan anak sekolah. “Jika bapak ibu guru membutuhkan penyuluhan maka bisa menghubungi kami mengingat Balai POM juga memiliki program yang dapat disampaikan melalui penyuluhan ke sekolah-sekolah. Jadi silahkan menyurat dan tidak ada biaya yang akan dikenakan,”terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pihak yang menjadi fasilitator keamanan pangan sekolah adalah seseorang yang bertugas melakukan pendampingan dan pemantauan kegiatan keamanan pangan di sekolah agar sekolah dapat melaksanakan kegiatan keamanan pangan di sekolah. Fasilitor mendampingi sekolah untuk membentuk tim keamanan pangan, mendampingi sekolah untuk revitalisasi tim UKS agar muatan keamanan pangan dapat tercakup dalam kegiatan serta mendampingi sekolah untuk berpartisipasi aktif dalam aktifitas keamanan pangan. Misalnya ada lomba yang bertemakan keamanan pangan maka fasilitator dapat memberikan informasi dan mendampingi.

Dibaca 71 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.