Papua Barat Siap Sukseskan Pemilu 17 April 2019 | Pasific Pos.com

| 19 November, 2019 |

Papua Barat Siap Sukseskan Pemilu 17 April 2019

Papua Barat Penulis  Minggu, 14 April 2019 21:44 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Provinsi Papua Barat siap mensukseskan pelaksanaan pemilu presiden dan pemilu legislative pada 17 April 2019. Persialan telah dilakukan sejak jauh-jauh hari dan saat ini telah mencapai 98 persen, tersisa, 2 persen.

Hal ini disampaikan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan saat memimpin apel bersama seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), Satpol-PP, Linmas di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari dalam rangka persiapan pelaksanaan pemilu serentak tahun 2019 di Lapangan Borarsi Manokwari, Jumat (11/4).

Gubernur Mandacan mengatakan, apel gabungan kemarin juga sebagai tindaklanjut dari hasil rapat bersama seluruh Forum Komunikasi Pimpinan tingkat daerah di 12 kabupaten dan 1 kota se Provinsi Papua Barat, Senin (8/4).

Dalam rapat tersebut, Mandacan mengatakan Pemprov Papua Barat telah menyecek kesiapan penyelenggara, dan berdasarkan laporan pihak penyelenggara persiapan pelaksanaan Pemilu calon presiden, calon wakil presiden, calon anggota DPR-RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, Kota dan DPD-RI periode 2019-2024 di Provinsi Papua Barat telah mencapai 98 persen.

“Kenapa bisa disebut 98 persen, karena semua logistik pemilu sudah berada di 12 kabupaten dan 1 kota di Papua Barat, tinggal 2 persennya H + 1 semua logistik sudah ada di Tempat Pengumutan Surat (TPS) di seluruh wilayah Papua Barat,” terang Mandacan.

Orang nomor 1 di Pemerintah Provinsi Papua Barat ini juga mengajak seluruh ASN, Satpol-PP, dan juga Linmas serta seluruh warga Indonesia pada umumnya dan warga Papua Barat khususnya datang ke TPS, Rabu, 17 April 2019 untuk menyalurkan hak politiknya secara langsung, umum,  bebas, dan rahasia.

“ASN itu netral tapi, harus gunakan hak pilihnya secara langsung, umum, bebas, dan rahasia. Netral artinya tidak tergabung dalam tim-tim sukses dari calon anggota legislatif dan calon legislator serta calon presiden dan wakil presiden. Kita harus pastikan warga Indonesia atau Warga Papua Barat semuanya harus menggunakan hak pilihnya tidak ada yang golongan putih (golput) semua harus gunakan hak pilihnya,” tegas Mandacan.

Menurut dia, satu suara dapat menentukan pembangunan di Indonesia dan bahkan di Papua Barat lima tahun ke depan. “Jadi saya berharap kita semua dapat gunakan hak pilih kita, tidak ada yang golput,” seru Gubernur.

Guna mendukung suksesnya pesta demokrasi nanti, Gubernur Dominggus Mandacan juga telah mengintruksikan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Papua Barat dan di 12 kabupaten 1 kota untuk mempersiapkan sarana dan prasarana yang ada guna mendukung pelaksanaan pemilu calon presiden-wakil presiden, calon anggota legislatif periode 2019-2024.

“Seluruh sarana dan prasarana yang ada kita siapkan, dan maksimalkan untuk mendukung suksesnya pemilu. Misalnya, OPD terkait seperti Dinas Perhubungan, speedboad, kapal, dan bus harus disiapkan. Mobil pemadam kebakaran, ini contoh dan ini salah satu sarana yang harus kita siapkan. Mobil pemadam kebakaran ini harus siap,” pinta Mandacan di Lapangan Borarsi kemarin.

Dirinya, aku Mandacan tidak ingin hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, sehingga semua sarana prasana penting harus disiapkan. Disamping partisipasi seluruh masyarakat untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban daerahnya.

“Kita sudah siap untuk menangani, tetapi jangan lupa kita juga harus membangun komunikasi dan koordinasi dengan pihak TNI, Polri, BPBD, serta SAR. Kita harus bersinergis dalam menjamin kelancaran pemilu serentak dan menjamin keamanan di Papua Barat. usai arahan ini semua OPD terkait harus berkoordinasi, berkomuniasi dengan pihak terkait lainnya,” pinta Mandacan.
 
Usai apel bersama, dilanjutkan dengan peringatan 53 tahun Bank Papua dengan senam sehat bersama dan pembagian hadiah bagi nasabah dan sejumlah ASN yang ikut mengambil bagian dalam apel bersama tersebut. [FSM-R3]

Dibaca 175 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.