Ketua KPU Bantah Ada Bantuan Dana 3,9 Milyar | Pasific Pos.com

| 17 October, 2019 |

Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze, SH Saat Dikonfirmasi Media (foto:iis) Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze, SH Saat Dikonfirmasi Media (foto:iis)

Ketua KPU Bantah Ada Bantuan Dana 3,9 Milyar

Papua Selatan Penulis  Minggu, 14 April 2019 21:36 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze, SH menegaskan bahwa informasi tentang adanya bantuan atau penambahan dana untuk KPU sebesar 3,9 milyar sama sekali tidak benar karena pihaknya sudah mengecek langsung dan ternyata berdasarkan informasi yang didapat, dana tersebut bukan  diperuntukkan bagi KPU. Memang bupati sempat menginformasikan bahkan mengirimkan slip jurnal Bank Papua melalui WA dan sesuai petunjuk beliau pihaknya diminta untuk mengecek langsung ke bagian keuangan.

“Saat kami cek memang dana tersebut ada dan sudah masuk di dalam kas daerah. Namun bukan diperuntukkan untuk KPU dan saya juga sudah mengkonfirmasi ke Kaban Keuangan dan bupati kembali.  Jawabannya akan kembali dicek , jadi sampai sekarang saya masing menunggu informasi selanjutnya,”terangnya kepada wartawan di areal parkir Kantor Bawaslu Merauke, Sabtu (13/4). Lebih lanjut diungkapkan, untuk pengajuan penambahan anggaran lagi memang belum dilakukan namun secara lisan ketika beliau menyampaikan tentang realisasi 2 milyar beberapa waktu lalu diakui bahwa jumlah itu masih kurang karena pihaknya perlu menambah honor petugas KPPS.

Terakhir pihaknya bertemu bupati memang sudah menyampaikan tentang kondisi real di lapangan yang masih dalam kekurangan. Ia menjelaskan bahwa dana yang dibutuhkan KPU sebenarnya 9 milyar namun yang dipenuhi hanya 2 milyar sehingga dinilai masih kurang. Ia juga menegaskan bahwa dana sebesar 2 milyar juga masih dalam tahap proses sehingga KPU benar-benar harus dapat menggunakan dana yang ada dengan semaksimal mungkin demi kelancaran pemilu nanti.

“Mau tidak mau dana yang ada kita gunakan seefesien mungkin dan memang honor petugas KPPS tidak bisa ditambah lagi. Namun kita antisipasi dengan memberikan uang makan mereka sebesar 500 ribu perTPS. Selain itu beberapa kegiatan juga sudah kami pangkas tetapi tetap belum bisa memenuhi penambahan honor KPPS,”terangnya. Theresia menambahkan, honor petugas KPPS sangat penting karena mereka harus menjalankan tugas yang cukup berat sehingga pihaknya masih terus mengupayakan agar pihak Pemda juga dapat membantu.

Dibaca 144 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.