Lantamal X Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 219 | Pasific Pos.com

| 16 September, 2019 |

Lantamal X Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 219

Kota Jayapura Penulis  Jumat, 12 April 2019 18:30 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Menjelang pesta demokrasi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta anggota Legislatif tanggal 17 April 2019, prajurit Lantamal X memantabkan latihan PHH guna mengantisipasi gangguan dan ancaman yang mungkin terjadi.

Kegiatan ini dirangkai dalam sebuah Apel Gelar Kesiapan Pasukan Pengamanan Pilpres dan Pilleg tahun 2019. Bertempat di lapangan apel Mako Lantamal X, Jumat (12042019).

Bertindak sebagai pengambil apel Komandan Lantamal X Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika dan Danyonmarhanlan X Mayor Marinir Rian Malfi M.Tr.Opsla. sebagai komandan apel Apel. Gelar pasukan ini diikuti seluruh prajurit dan PNS Lantamal X, Satrol Lantamal X, prajurit Yonmarhanlan X serta unsur yang terlibat, diantaranya sarana angkut pasukan, unsur paroli laut, Pomal, mobil ambulance dan pemadam kebakaran.

Dalam amanatnya Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika mengatakan, Apel gelar kesiapan pasukan pengamanan Pilleg dan Pilpres Lantamal X yang kita laksanakan ini, bertujuan untuk mengecek sejauh mana kesiapan akhir seluruh prajurit Lantamal X dalam rangka mengantisipasi dan menghadapi aksi anarkis oleh massa pada saat pemilihan Pileg dan Pilpres yang akan dilaksanakan serentak pada tanggal 17 April 2019.

Komandan Lantamal X juga berharap agar seluruh Prajurit Lantamal X harus mampu mengantisipasi apabila terjadinya kekacauan dalam Pilleg dan Pilpres yang diawali dari demonstrasi damai sampai pada tahap menjadi rusuh yang akhirnya akan timbul tindakan anarkis.

"Untuk itu, perlu kita cek bagaimana kesiapan seluruh prajurit Lantamal X dan perlengkapan pendukung mulai tahap-tahap pergerakan pasukan dari Mako sampai ke lokasi terjadinya kerusuhan khususnya dalam satuan pasukan huru hara (PHH) dan bagaimana cara menghadapi massa tersebut". Ujar Komandan Lantamal X.

Melalui apel ini juga, diharapkan rencana operasi yang telah dipersiapkan dengan matang dan cermat dapat dilaksanakan secara baik dan mampu mendorong sinergitas seluruh stakeholder sehingga penyelenggaraan pengamanan Pemilu dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Komandan Lantamal X juga mengingatkan kepada seluruh prajurit yang terlibat pengamanan Pemilu agar antisipasi akan adanya berbagai potensi ancaman dan gangguan terhadap kelancaran jalannya pelaksanaan Pilleg dan Pilpres antara lain, sabotase dari kelompok kriminal sparatis bersenjata (KKSB), perkelahian antar kelompok pendukung, miras, kebakaran, kriminalitas dan bencana alam, untuk itu peran intelijen sangat diperlukan.

"Petakan lokasi-lokasi yang diperkirakan berpotensi akan terjadinya kerusuhan khususnya TPS yang berdekatan dengan Mako Lantamal X dan rumah-rumah dinas yang kita miliki". Tegas Komandan Lantamal X.

Hadir dalam kegiatan ini Komandan Lantamal X Jayapura, Wakil Komandan Lantamal X Jayapura, Para Asisten Danlantamal X, para Kadis dan Kasatker Lantamal X serta seluruh prajurit dan PNS Lantamal X.

Dibaca 180 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX