Musrenbang RKPD Tahun 2020 Kabupaten Jayapura Resmi Dibuka | Pasific Pos.com

| 25 June, 2019 |

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., saat membuka kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2020 dengan menabuh tifa, disaksikan Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro dan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura Korneles Yanuaring, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (10/4) pagi. Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., saat membuka kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2020 dengan menabuh tifa, disaksikan Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro dan Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura Korneles Yanuaring, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (10/4) pagi.

Musrenbang RKPD Tahun 2020 Kabupaten Jayapura Resmi Dibuka

Kabupaten Jayapura Penulis  Kamis, 11 April 2019 20:13 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI - Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE. M, Si., membuka secara resmi Musyawara Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Daerah Tingkat Kabupaten Jayapura Tahun 2019 dalam rangka penyusunan rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020, yang berlangsung di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (10/4) pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Jayapura Korneles Yanuaring, para Asisten Setda Kabupaten Jayapura, Staf Ahli Bupati dan Kepala OPD serta Kepala Distrik Dilingkungan Pemkab Jayapura.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bappeda Kabupaten Jayapura, Parson Horota, menyampaikan bahwa Musrenbang tersebut dilaksanakan dalam rangka menyusun perencanaan pembangunan untuk tahun 2020 mendatang.

“Untuk kegiatan kita di hari ini (kemarin) pada prinsipnya adalah kegiatan secara rutinitas tiap tahun kita kerjakan yaitu, Musrenbang tingkat Kabupaten Jayapura dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2020,” kata pria yang juga Sekretaris Bappeda Kabupaten Jayapura saat di konfirmasi wartawan usai pembukaan Musrenbang RKPD Tahun 2020, di Aula Lantai II Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu (10/4) siang.

Kegiatan Musrenbang ini, kata Parson, dikemas pihaknya dengan sedikit berbeda karena melihat situasi dan kondisi Kabupaten Jayapura pascabencana banjir bandang dan longsor.

“Jadi, kegiatan Musrenbang ini kita kemas dengan cara yang agak berbeda lagi, karena kita lihat situasi dan kondisi di daerah ini. Sehingga sebelumnya kami sudah melakukan desk dengan perangkat daerah (PD), kemudian pada hari ini (kemarin) kita buka lalu nanti kita lanjutkan pada siang harinya terus keesokan harinya (hari ini) kita lanjutkan lagi dan rencana pada hari Jumat (12/4) kita tutup kegiatan Musrenbang tersebut,” imbuhnya.

Selain itu, Parson Horota menyampaikan, arahan kebijakan pembangunan di RPJMD Kabupaten Jayapura tahun ketiga, kemudian pihaknya akan melihat prioritas-prioritas lain seperti Go Adipura, PON XX Tahun 2020 dan juga bencana alam yang terjadi saat ini.

“Kita tinggal lihat sektor pembiayaannya, kira-kira biaya nya kalau yang dilaksanakan dan di biayai oleh kabupaten, maka kabupaten akan membiayainya. Namun selebihnya itu akan di dorong ke pemerintah provinsi dan kemudian akan di dorong pembiayaannya melalui APBN dalam proses penganggaran. Kita juga berusaha bekerjasama dengan mitra-mitra kita dalam rangka pembiayaan yang perlu kita lakukan,” tukas Parson Horota.

Sementara itu, Bupati Jayapura Mathius Awoitauw menyampaikan, Musrenbang yang dilaksanakan saat ini merupakan salah satu tahapan proses perencanaan pembangunan daerah yang memedomani peraturan menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan juga evaluasi rancangan peraturan tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) dan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka daerah (RPJD).

“Agenda kita dalam Musrenbang kali ini adalah penyusunan RKPD tahun 2020. Kalau tahun 2019 ini tahun kedua pemerintahan kami, dan kalau kita bicara Musrenbang ini untuk tahun 2020 itu berarti kita sudah bicara tentang tahun ketiga dari RPJMD atau masa kerja bupati dan wakil bupati. Oleh karena itu, semua harus berbasis indikator-indikator yang sudah ditetapkan setiap tahun yang setiap OPD harus capai,” bebernya

“Tadi (kemarin) kita sudah kasih sedikit informasi, bahwa tahun 2020 dan 2019 itu posisinya seperti ini dengan angka-angkanya. Kita berharap 2019 ini ada perubahan yang signifikan agar pencapaian ke tahun 2020 itu harus pasti target-targetnya,” sambung Mathius.

Bupati Mathius juga mengharapkan pihaknya bersama-sama mampu menjawab tantangan kedepan dengan beberapa fokus pembangunan yang berorientasi pada pembangunan.

"Selain itu, kita terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pendidikan, kesehatan juga pelestarian lingkungan hidup serta pengembangan pariwisata dimana ini semua untuk mewujudkan kawasan destinasi wisata,"tandasnya.

Dibaca 88 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.