Pencanangan Imunisasi Polio, Langkah Konkrit Pencegahan | Pasific Pos.com

| 10 December, 2019 |

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr.Adolf Bolang (foto:iis) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr.Adolf Bolang (foto:iis)

Pencanangan Imunisasi Polio, Langkah Konkrit Pencegahan

Papua Selatan Penulis  Rabu, 10 April 2019 23:58 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr.Adolf Bolang mengemukakan bahwa semua wilayah kerja Puskesmas sudah pasti akan melaksanakan pencanangan imunisasi polio walaupun hanya di tingkat distrik maupun wilayah kerja Puskesmas tersebut. Antara lain yang sudah dilakukan di wilayah Kelurahan Bampel, Gudang Arang dan Samkai beberapa waktu lalu. Sebab diakui waktu yang ada sangat terbatas sehingga tidak mungkin pencanangan dapat dilakukan sekaligus. Oleh sebab itu pada saat Raker selesai dilaksanakan pihaknya langsung bergerak untuk melakukan pencanangan.

“Posyandu Flamboyan di Kelurahan Bampel  termasuk wilayah kerja Puskesmas Mopah sehingga mereka pro aktif untuk melaksanakan pencanangan. Walaupun sebenarnya imunisasi polio sudah berjalan di setiap Puskesmas dan sasarannya cukup banyak. Selain itu masyarakat juga pro aktif dan lokasinya sangat strategis di depan jalan,”jelasnya kepada wartawan di Swiss-Belhotel belum lama ini. Lebih lanjut ia menjelaskan,  Posyandu memiliki banyak fokus antara lain masalah gizi, pemeriksaan kesehatan dan lain sebagainya, namun pada intinya untuk memberikan imunisasi.

Di dalam Posyandu ada yang namanya imunisasi dasar baik polio, hepatitis, maupun campak. Namun kali ini penekanan khusus untuk imunisasi polio yang diberikan kepada anak tanpa memandang status polio anak sebelumnya. Misalnya ketika bulan lalu anak sudah mendapatkan imunisasi polio lengkap maka bulan ini dan  bulan depan masih tetap mendapatkan imunisasi polio. Jadi selama Maret dan April akan diberikan imunisasi polio untuk mencegah jangan sampai kasus di PNG masuk ke Merauke.

Dibaca 134 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX