Suliyem Akui Pentingnya Peranan JKN-KIS | Pasific Pos.com

| 18 September, 2019 |

Peserta JKN-KIS, Suliyem (foto:ist) Peserta JKN-KIS, Suliyem (foto:ist)

Suliyem Akui Pentingnya Peranan JKN-KIS

Papua Selatan Penulis  Rabu, 10 April 2019 23:55 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Suliyem (38) adalah seorang peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari segmen peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI APBN) yang terdaftar di Puskesmas Kurik. Suliyem yang kesehariannya merupakan seorang petani yang berusaha menghidupi kebutuhan keluarga dengan bekerja disawah dan hidup berkecukupan bersama keluarganya. Meskipun demikian, semangatnya tidak pernah pudar untuk menjadi peserta JKN-KIS dan selalu mendukung Program JKN-KIS dan selalu menceritakan tentang manfaat dari menjadi peserta program JKN-KIS kepada warga di sekitar tempat tinggalnya.

Saat ditemui tim Jamkesnews, Jumat (05/04) di Puskesmas Kurik Kabupaten Merauke, wanita yang sering disapa Lilik ini kemudian menceritakan pengalamannya dalam menjalani operasi karena divonis dokter mengidap penyakit kanker jinak. ?“Pada saat itu saya divonis dokter mengidap penyakit kanker jinak. Saya sangat kaget karena memikirkan biaya yang pasti sangat mahal walaupun kami sudah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS. Singkat cerita, setelah di periksa di Klinik Harapan, kemudian di rujuk ke RSUD Bunda Harapan Merauke dan menjalani pengobatan insentif disana,” cerita Lilik.

Kanker jinak adalah tumor yang tidak menyerang sel normal di sekitarnya dan tidak menyebar ke bagian tubuh lain. Sedangkan tumor ganas bersifat sebaliknya yang disebut dengan?kanker. Selain itu, di antara tumor?jinak?dan tumor ganas, ada jenis tumor yang dinamakan tumor pra kanker.?“Setelah diperiksa dokter dan divonis mengidap penyakit kanker jinak, saya langsung menjalani operasi dan berangsur-angsur sembuh. Disana saya mendapat pelayanan dengan baik dan setelah 4 hari dirawat dan mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit, saya pun diperbolehkan pulang tanpa membayar sepeser pun untuk biaya pengobatan dan lain-lain karena sudah dijamin oleh BPJS Kesehatan. Padahal awalnya saya memikirkan pasti saya masih membayar lagi tetapi ternyata semuanya terbukti bahwa tidak pengeluaran biaya yang kami keluarkan,” ujar Lilik yang sangat bersyukur.

Alasan Lilik untuk selalu mendukung Program JKN-KIS dikarenakan program ini sangat diperlukan dan membantu meringankan beban karena ditanggung pemerintah. Ditambah lagi manfaatnya pun dapat dirasakan untuk semua kalangan. Bagi masyarakat yang belum mendaftarkan dirinya sebagai peserta JKN-KIS agar segera mendaftarkan dirinya guna untuk memproteksi diri dikala kita sedang sakit,” ungkapnya. ?“Terima kasih Program JKN-KIS karena telah membantu kami dalam hal penjaminan kesehatan, sehingga hasil tabungan kami dapat disimpan untuk masa depan anak-anak kami dan mengurangi pengeluaran biaya hidup. Sekali lagi terima kasih JKN-KIS,” tutupnya.

Dibaca 132 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX

Berita Terkini