Bupati Dogiyai Buka Musrenbangda Tahun 2020 | Pasific Pos.com

| 14 October, 2019 |

Bupati Dogiyai Buka Musrenbangda Tahun 2020

Beri rating artikel ini
(0 voting)

DOGIYAI - Melalui forum tertinggi, Pemerintah Kabupaten Dogiyai selama dua hari menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbangda) Kabupaten Dogiyai. Kegiatan itu dibuka Bupati Dogiyai, Yakobus Dumapa, SIP, dengan ditandai pemukul tifa, bertempat Aula Kotega Moge, Moanemani - Dogiyai.

Hadir pada kesempatan itu, pimpinan OPD/SKPD, perwakilan Bappeda Provinsi Papua, para Kasubag, sekretaris, sepuluh kepala distrik, tokoh pemuda,  adat, perempuan dan masyarakat serta perwakilan dari unsur TNI dan Polri yang ada di Dogiyai.

Dalam sambutannya, Bupati Dumupa menyatakan, Musrenbangda merupakan forum yang sangat penting untuk mengevaluasi dan memikirkan arah perencanaan pembangunan daerah antara OPD dan pemangku kepentingan untuk pembangunan daerah yang berkwalitas dan tepat sasaran.

Musrenbang menjadi sasaran untuk menciptakan dialong interaktif antara OPD dengan berbagai elemen masyarakat guna singkronisasi berbagai masukan dan program kegiatan serta permasalahan yang ada di daerah,"katanya.

Melalui Musrenbangda ini, akan dihasilkan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun anggaran 2020. RKPD ini mempunyai peran yang sangat strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, karena RKPD ini akan menjadi acuan dalam membuat kebijakan umum APBD Kabupaten Dogiyai tahun anggaran 2020. Disamping itu secara formal RKPD ini menjadi instrumen evaluasi untuk menyusun capaian kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah,"ungkap Yakobus.

Karena dalam RKPD memuat tolok ukur dalam realisasikan program kegiatan tahun depan. Oleh karena itu, Bupati Dogiyai dalam forum itu menyampaikan beberapa hal, selanjudnya didiskusikan, dirumuskan dan disepakati bersama. Penyusunan program atau kegiatan pembangunan hendaknya mengacuh pada PP nomor 8 tahun 2008, tentang tahapan tata cara penyusunan dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah sebagai penjabaran dari UU nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah.

Selain itu, penyusunan program dan kegiatan dalam forum Musrenbangda itu yang mengacu pada rancangan awal RKPD Kabupaten Dogiyai tahun 2020 sebagaimana didalamnya telah ditetapkan program prioritas dan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Dogiyai di tahun 2020 mendatang.

Tak lupa Bupati Dumapa menyampaikan, para kepala OPD memikirkan perencanaan program dan kegiatan yang berjenjang dari tahun ke tahun, jangan memikirkan kegiatan yang besar dan habis dilakulkan dalam setahun. Cara berpikir seperti itu harus diubah, pembangunan infrastruktur diarahkan ke Kabupaten Dogiyai bagian barat dan bagian selatan. Daerah ini termasuk daerah tertinggal dan terisolasi sehingga lokasi tersebut harus dibuka.

Setiap program kegiatan yang dibebankan pada APBD maupun APBN, sebaiknya yang benar朾enar dibutuhkan oleh masyarakat dan sesuai kebutuhan, bukan berdasarkan keinginan OPD, disamping itu dipertimbangkan sinergitas program kegiatan antara OPD dengan kemampuan keuangan daerah.

Bupati Dogiyai pada kesempatan itu berharap Musrenbang itu sebagai wadah yang sangat penting untuk memikirkan dan merencanakan bersama secara baik apa yang menjadi kebutuhan masyrakat, sehingga Bupati berpesan kepada peserta Musrenbang ini serius  mengikutinya. (don)

Dibaca 108 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.