Gasak Uang Korban Hingga 24 Juta, Pelaku Curas Ditangkap | Pasific Pos.com

| 17 November, 2019 |

Pelaku curas saat diamankan. Pelaku curas saat diamankan.

Gasak Uang Korban Hingga 24 Juta, Pelaku Curas Ditangkap

Kriminal Penulis  Kamis, 04 April 2019 12:54 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA – RPYM (18) pelaku pencurian dengan kekerasan (jambret) yang berhasil menggasak uang korbannya hingga Rp 24 juta beberapa waktu lalu berhasil diciduk Tim Charkli Polres Jayapura Kota, Rabu (3/4) dini hari.

Pelaku ditangkap ketika berada di depan Kantor Telkom Kotaraja Distrik Abepura, selain mengamankan pelaku Tim Charli pun turut mengamankan satu unit motor hasil curian yang digunakan saat melakukan aksi penjambretan.

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas ketika dikonfirmasi melalui kasubag humas Polres Jayapura Kota Iptu Jahja Rumra membenarkan hal tersebut. Ia menerangkan penangkapan pelaku berdasarkan laporan polisi LP / 450 / III / 2019 / Papua / Res Jpr Kota / Sek Abepura, pada tanggal 30 Maret 2019 lalu.

“Pelaku ditangkap berdasarkan laporan polisi kasus jambret di depan Kantor Pajak Otonom Kotaraja Kelurahan Wahno Distrik Abepura Sabtu lalu, dimana pelaku berhasil membawa kabur uang sebesar Rp 24 juta milik korban yang disimpan di dalam tas,” ungkap Jahja, Rabu (3/4) malam.

Ia menerangkan, dalam aksi penjambreta itu pelaku tidak sendiri melakukan aksinya melainkan bersama seorang rekannya berinisial U (21) yang kini dalam pengejaran.

“Saat melakukan aksinya pelaku sebagai eksekotur sementara rekannya yang mengendarai motor. Untuk rekannya sampai saat ini masih dalam pengejaran,” jelas Jahja.

Mantan Kanit Reskrim Polsek Jayapura Selatan ini pun menerangkan kasus penjambretan itu terjadi pada 30 Maret lalu, ketika itu korbannya sedang mengendarai motor dan melintas Depan Kantor Pajak Otonom Kotaraja dengan tujuan tanah hitam, setibanya di tempat kejadian, pelaku yang berboncengan langsung menarik tas yang dikenakan korban.

“Akibat kejadian itu uang korban dan hp miliknya berhasil dibawa kabur,” tutur Jahja.

Ia pun menambahkan hingga saat ini pelaku masih dalam proses pemeriksaan oleh penyidik Unit Reskrim Polsek Abepura.

“Pelaku masih diperiksa, belum diketahui uang hasil kejahatannya dipakai apa, namun dugaan kuat uang tersebut dipakai untuk bersenang-senang,” jelasnya.

Atas perbuatanya pelaku RPYM (18)  disangkakan pasal 365 KUHPindana tentang pencurian disertai kekerasan dengan ancaman 12 tahun penjara.

Dibaca 138 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.