Tiga Tersangka Utama Kasus Organda Ditangkap | Pasific Pos.com

| 17 October, 2019 |

Tiga Tersangka Utama Kasus Organda Ditangkap

Headline Penulis  Kamis, 23 Juli 2015 10:52 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Petugas Kepolisian Resort Jayapura Kota Dibantu Tim Khusus Polda Papua Menggiring Salah Satu Tersangka Utama Kasus Pembunuhan di
Perumahan Organda, Rabu (22/7).

Jayapura,- Tiga tersangka utama kasus pembunuhan dua warga Perumahan Organda, Kelurahan Hedam, Disrtik Heram, Kota Jayapura berhasil ditangkap aparat Satuan Reskrim Polres Jayapura Kota dibantu Tim Khusus Polda Papua, Rabu (22/7).
Ketiganya ditangkap saat bersembunyi di Camp Karyawan Perusahan Perkebunan Kelapa Sawit milik PT. Tandan Sawita, Kampung Yetti, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom, pukul 05.45 WIT.  Mereka yakni JH, JU dan JK.
Kapolres Jayapura Kota, AKBP Jermias Rontini membenarkan adanya penangkapan 3 orang pelaku pembunuhan terhadap Fredy Lasamahu dan Simon Saohoka, di Kabupaten Keerom. Penangkapan ketiga pelaku dipimpin oleh Kasat Reskrim, AKP Samuel D Tatiratu.
“Mereka ini pelaku utama dalam kasus pembunuhan dua warga di Perumahan Organda, Kelurahan Hedam. Mereka kami tangkap di sebuah bangunan di Perkebunan Kelapa Sawit, Kabupaten Keerom dan ketiganya telah kami tahan di Polres Jayapura Kota,” terangnya, Rabu (22/7).
Dari hasil penyelidikan yang dikuatkan dengan keterangan tersangka, ungkap Kapolresta, ketiga pelaku ini masuk ke dalam rumah korban dan kemudian menghabisi nyawa korban yang juga Ketua RT Organda.
“JH ini yang mengajak teman –temannya ke rumah korban, ini juga berdasarkan keterangan DH dan MT, 2 pelaku yang lebih dulu ditangkap oleh kami,” ungkap Jermias kepada wartawan.
Kapolresta mengklaim saat ini pihaknya masih mendalami peran ketiga pelaku utama yang ditangkap di Kabupaten Keerom. Ketiganya terancam pasal 359 KUHP dengan ancaman pidana 15 tahun kurungan penjara.
“Kami masih dalami peran mereka, termasuk siapa yang memiliki ide  untuk membunuh kedua korban. Nanti kita akan lakukan penyilangan atau kroscek terhadap pelaku –pelaku yang lainnya, sehingga motif pembunuhan ini bisa terungkap,” katanya.
Disinggung soal barang bukti apa saja yang ditemukan kepolisian dari tangan ketiga pelaku utama, Kapolresta mengaku belum mendapatkan alat bukti dimaksud. “Kita masih mencari alat buktinya, mungkin saja alat bukti itu sudah dibuang oleh para pelaku ini,” ucapnya.
Berdasarkan pantauan media ini di Mapolda Papua, penangkapan terhadap tiga tersangka utama kasus pembunuhan di Perumahan Organda sangat terencana. Dimana dalam penangkapan itu, kepolisian menerjun belasan, bahkan hampir 20-an anggota berpakaian preman bersenjata lengkap, termasuk Tim Khusus Polda Papua
Sebelum penangkapan, aparat terlebih dulu melakukan pemantauan terhadap lokasi yang disinyalir menjadi persembunyian ketiga tersangka ini. Al-hasil, ketiga tersangka berhasil ditangkap di sebuah bangunan di kawasan Perkebunan Kelapa Sawit di Kabupaten Keerom, pukul 05.45 WIT.
Dari hasil penangkapan, ketiga tersangka sempat dibawa ke Mapolda Papua, namun dipindahkan ke Mapolres Jayapura Kota dengan pengawalan ketat oleh Tim Khusus Polda Papua untuk penyelidikan lebih lanjut. (Syaiful)

Dibaca 1379 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX