Dialog Lintas Politik, Samakan Persepsi Menuju Pemilu Damai | Pasific Pos.com

| 25 June, 2019 |

foto bersama Forkompinda dan peserta dialog lintas politik foto bersama Forkompinda dan peserta dialog lintas politik

Dialog Lintas Politik, Samakan Persepsi Menuju Pemilu Damai

Sosial & Politik Penulis  Kamis, 28 Maret 2019 18:45 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Timika, Badan Kesatuan Bangsa dan Berpolitik (Kesbangpol) Kabupaten Mimika menggelar kegiatan dialog lintas partai politik dalam rangka mensukseskan pemilu serentak tahun 2019 yang berlangsung di Gedung Bobaioga Keuskupan jalan Poros SP 2 Kabupaten Mimika, Kamis (28/3).

Hadir dalam dialog lintas partai, Komesioner KPU Mimika Divisi Program dan data Luther Beanal, S.E, Ketua Bawaslu Mimika Yonas Yanampa, S.Psi, Waka Polres Mimika Kompol I Nyoman Punia S.sos, Ketua FKUB Kabupaten Mimika Ignasius Adii, dan perwakilan partai peserta pemilu serentak 2019.

Mewakili Bupati Mimika, Staff Ahli Perekonomian dan Pembanggunan Kesbangpol Kabupaten Mimika Andi Ramli dalam sambutannya mengatakan, parpol merupakan pilar demokrasi dalam suatu negara, seperti di Indonesia kalangan parpol telah mengubah sirkulasi elit yang sebelumnya tertutup bagi semua masyarakat menjadi terbuka.

Sama halnya dengan pelaksanaan Pilpres dan Pileg pada 17 April mendatang semakin membuka adanya perbedaan dalam masyarakat terutama dalam hal pilihan politik.

Perbedaan tersebut telah berlangsung pada saat pilkada serentak tahun 2018 yang lalu, dengan adanya potensi konflik yang semakin dipertajam dengan munculnya politik identitas, seperti etnis, latar belakang suku dan agama yang dapat memecah belah masyarakat Indonesia.

"Pemilu kali ini membuka perbedaan di masyarakat, sehingga bisa menimbulkan konflik akibat adanya politik indentitas yang mengatasnamakan suku dan agama yang bisa memecahkan bela NKRI.

Oleh sebab itu mengantisipasi terjadinya perbedaan pandangan politik membuat pihak Kesbangpol melaksanakan dialog lintas Politik yang dinilainya sangat baik yang dilakukan dalam upaya menyamakan persepsi dalam menciptakan kedamaian serta menghindari adanya konflik yang di timbul oleh berita bohong atau hoax.

"Kegiatan ini untuk menyamakan persepsi serta mengantisipasi kejadian pada saat Pilkada kemarin," terangnya.

Dirinya mengharapkan melalui dialog lintas politik yang dilakukan mampu menambah informasi dan wawasan dalam menciptakan solusi terkait perbedaan dan memecahkan masalah yang terjadi di lingkungan masyarakat dan menjalin kebersamaan antar elemen masyarakat dalam bingkai NKRI.

"Kiranya dialog lintas politik ini bisa memecahkan masalah yang terjadi, serta memberikan pemahaman pentingnya kebersamaan," harapnya.

Dialog lintas Politik di lanjutkan kembali, dengan sesi materi dengan nara sumber dari KPU yang dilakukan bawakan oleh Komisioner KPU Divisi Program dan Data Luther Beanal, S.E, Ketua Bawaslu Mimika Yonas Yanampa, S.Psi. (Ricky).

Dibaca 80 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX