Pemkab Teluk Bintuni Lanjutkan Subsidi Biaya Pesawat Bagi Masyarakat di Moskona | Pasific Pos.com

| 20 September, 2019 |

Pemkab Teluk Bintuni Lanjutkan Subsidi Biaya Pesawat Bagi Masyarakat di Moskona

Papua Barat Penulis  Kamis, 28 Maret 2019 12:11 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Bintuni, TP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Teluk Bintuni tahun ini, subsidi biaya pesawat sebesar Rp. 3 miliar, untuk melayani penerbangan ke daerah yang sulit dijangkau melalui jalur darat, seperti Distrik Moskona Utara, Moskona Timur, dan Moskona Utara.

“Kami sudah bertemu dengan Bupati Teluk Bintuni pada Jumat (23/3) pekan lalu untuk menyampaikan bahwa pesawat subsidi AMA jenis Pilatus siap terbang melayani Moskona Utara, Moskona Timur serta Moskona Utara Jauh. Kontrak selama 1 tahun dengan maskapai penerbangan AMA sudah dilakukan dengan biaya kontrak sebesar 3 miliar rupiah. Pesawat AMA ini akan melayani penerbangan ke 3 distrik tersebut dengan intensitas 3 kali dalam seminggu yaitu hari Senin-Rabu-Jumat,” ungkap Kepala Distrik Moskona Utara Apolos Orocomna, S.IP kepada Tabura Pos, Senin (25/3) saat ditemui di kompleks Perkantoran Pemda Kabupaten Teluk Bintuni di Bumi Saniari SP-3 distrik Manimeri.

Orocomna menjelaskan, sebelum ada subsidi bagi masyaraat distrik Moskona Utara, Moskona Timur serta distrik Moskona Utara Jauh,  masyarakat hendak pulang ke distrik dari ibu kota Bintuni harus carter pesawat ke Moskona Timur sebesar Rp. 32,2 Juta.

Sedangkan, lanjut dia, ke Moskona Utara dan Moskona Utara Jauh dari Bintuni, carter pesawat sebesar Rp. 25,8 juta, dari Manokwari sebesar Rp. 28 juta.

Dikatakannya, dengan adanya subsidi biaya penerbangan dari Pemda Teluk Bintuni, maka masyarakat bisa kembali ke distrik Moskona Utara, Moskona Timur atau Moskona Utara Jauh dengan harga tiket yang cukup terjangkau. ‘

“Untuk orang dewasa per orang sebesar 500 ribu, sementara anak-anak sebesar 150 ribu rupiah. Kami berharap kedepan Pemda Teluk Bintuni terus memberikan perhatian kepada masyarakat di 3 distrik tersebut dengan memberikan subsidi karena sangat membantu akses transportasi masyarakat dari Bintuni ke 3 distrik tersebut atau pun sebaliknya,” pungkas Orocomna.

Hal senada disampaikan Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, MT. Bupati mengatakan, pada tahun 2018 Pemda Teluk Bintuni telah menggelontorkan dana subsidi biaya transportasi pesawat AMA jenis Pilatus untuk distrik terjauh yaitu Moskona Utara dan Moskona Timur serta Moskona Utara Jauh sebesar Rp. 3 miliar.

Dan tahun ini, sambung Bupati, subsidi tersebut masih dilanjutkan, dengan harapan dapat membantu masyarakat.

“Tahun 2019 kami kembali memplotkan dana subsidi penerbangan untuk masyarakat distrik Moskona Utara dan distrik Moskona Timur. Saya sudah perintahkan kepala distrik Moskona Utara dan Moskona Timur untuk bertemu dengan pihak AMA di Sentani kabupaten Jayapura Papua untuk melakukan kontrak dengan pihak AMA tahun ini, sehingga kita tinggal menunggu pesawat AMA beroperasi di 3 wilayah tersebut,” ungkap Bupati kepada Tabura Pos, saat ditemui di kediamannya di Bumi Saniari SP-3 distrik Manimeri, Selasa (26/3).

Dirinya memastikan, masyarakat dari 2 distrik tersebut, tahun ini bisa terlayani pesawat yang merupakan satu-satunya transportasi yang bisa menjangkau daerah tersebut.

“Pemda Teluk Bintuni wajib memberikan subsidi transportasi udara ini agar masyarakat di Moskona Uatara maupun Moskona Timur itu dapat terlayani dengan baik,” pungkas Bupati. [ABI-R4]

Dibaca 150 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX