Boyong Lima Piala Berkat Anggrek Merauke | Pasific Pos.com

| 18 July, 2019 |

Ketua DPC PAI Kabupaten Merauke, Rini Dewarusi Nebore Saat Memberi Sambutan (foto:iis) Ketua DPC PAI Kabupaten Merauke, Rini Dewarusi Nebore Saat Memberi Sambutan (foto:iis)

Boyong Lima Piala Berkat Anggrek Merauke

Papua Selatan Penulis  Kamis, 28 Maret 2019 11:30 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Anggrek Merauke ternyata mampu bersaing di tingkat provinsi dengan diraihnya predikat runner up pada lomba anggrek yang dilaksanakan di Jayapura dalam rangka pelaksanaan Musda guna pemilihan dan penetapan Ketua DPD PAI Provinsi Papua belum lama ini. Lomba tersebut diikuti oleh 30 peserta dan Merauke berhasil meraih predikat runner up sehingga berhak membawa pulang 5 piala. Ketua DPC PAI Kabupaten Merauke, Rini Dewarusi Nebore pada acara syukuran di Restoran Pinang Sirih belum lama ini mengemukakan, kelima piala tersebut merupakan wujud dari hasil kerja keras dan sebuah prestasi yang dipersembahkan bagi Kabupaten Merauke.

Diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para petani anggrek dan pecinta anggrek bahwa Merauke juga bisa dan Merauke hebat. Merauke mampu meraih prestasi dalam sebuah ajang lomba di tingkat provinsi dan bersaing dengan wilayah-wilayah lain yang juga memiliki kekayaan anggrek. Oleh sebab itu pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Bupati Merauke yang sudah mensuport PAI sehingga apa yang dilakukan dapat berjalan dengan baik.

Ia juga meminta kepada seluruh pengurus PAI agar dapat mempertahankan prestasi yang ada dengan bekerja lebih keras lagi sehingga bisa meraih juara pertama di tahun-tahun mendatang. Sebab Merauke memiliki spesies anggrek yang sangat diminati di seluruh Indonesia maupun dunia internasional. Anggrek Merauke merupakan spesies yang terbaik oleh sebab itu kepada para petani diminta untuk dapat mempertahankan hasil kerja yang sudah diraih selama bertahun-tahun ini.  

“PAI berupaya mengangkat harkat dan martabat petani melalui tanaman anggrek mengingat anggrek juga menjadi bagian dari budaya kita dan bagian dari kekayaan alam yang telah diberikan oleh Tuhan bagi tanah Papua. Apalagi anggrek sudah mendunia oleh sebab itu dengan hasil kerja kali ini dan doa kita semua diharapkan bisa membawa Merauke terkenal hingga ke tingkat dunia lewat anggrek,”harapnya.

Rini meminta para pengurus PAI agar tidak tinggal diam atau vacum selama bertahun-tahun namun harus semangat untuk menggalakkan bahwa anggrek Merauke juga mampu bersaing dengan negara lain di dunia. Tahun ini PAI akan mengirimkan 5 perwakilan yang terdiri dari pengurus dan petani anggrek untuk mengikuti pelatihan di Salatiga dan Malang demi kemajuan anggrek Merauke.

Jadi manusianyapun harus memiliki pengetahuan dan sumber daya yang baik tentang anggrek sehingga anggrek Merauke tidak hanya tumbuh subur secara liar di alam namun dapat tumbuh subur di setiap halaman rumah. Ada lembaga terkait yang diharapkan dapat memproteksi keluarnya anggrek Merauke kepada pihak-pihak yang hanya mencari keuntungan dari keindahan anggrek Merauke.

Dibaca 97 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.