KPU Paniai Dilantik Bersama 105 Komisioner | Pasific Pos.com

| 18 August, 2019 |

KPU Paniai Dilantik Bersama 105 Komisioner

Beri rating artikel ini
(0 voting)

PANIAI - Beban Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua yang selama beberapa bulan terakhir mengambil-alih tugas dan wewenang 8 KPU Kabupaten berkurang setelah enam kabupaten terisi komisionernya untuk melanjutkan tahapan penyelenggaraan Pemilu 2019, antara lain Kabupaten Jayapura, Kabupaten Waropen, Kota Jayapura, Kabupaten Paniai, Kabupaten Nduga, dan Kabupaten Jayawijaya.

KPU enam kabupaten ini resmi dilantik ketua KPU RI, Arief Budiman di Jakarta, Selasa (19/3/2019) malam. Pelantikan dilakukan satu bulan jelang hari pemungutan suara, 17 April 2019. Adapun 110 anggota komisioner dari 22 kabupaten/kota di 4 provinsi dilantik bersamaan di Ruang Sidang Utama Lantai 2 Gedung KPU, Jakarta.

Khusus KPU Kabupaten Paniai, lima orang yang telah dilantik adalah Petrus Nawipa, Agustinus Gobai, Yosafat Yogi, Sisilia Nawipa dan Leo Keiya. Petrus Nawipa terpilih sebagai ketua memimpin lembaga KPU selama lima tahun (2019-2024).

Ketua KPU RI Arief Budiman memimpin jalannya pelantikan, dalam sambutannya menekankan pentingnya keberadaan KPU sebagai lembaga penyelenggara pesta demokrasi. Untuk itu, ia minta seluruh jajarannya yang baru dilantik agar tetap menjaga integritas, soliditas dan transparan dalam setiap pekerjaan tahapan Pemilu 2019.
Amanah yang diberikan harus dijalankan dengan baik,"ujar Arief.

Ketua KPU RI mengingatkan makin sedikitnya waktu persiapan Pemilu, sehingga jajaran yang baru dilantik agar segera beradaptasi dengan tugas dan kerja kepemiluan yang ada di daerahnya masing-masing.

Pemilu telah berjalan dan masuk krusial, kalian tidak ada waktu lagi untuk belajar, harus langsung kerja, solid berlima, karena KPU itu karakternya unik setiap keputusan harus pleno dan terpenuhi kuorumnya,"tegas Arief.

Selain itu, anggota komisioner yang baru dilantik ini juga diminta membuktikan diri, mengeluarkan seluruh potensi diri yang dimilikinya demi menyukseskan setiap tugas dan tahapan Pemilu 2019.

Pemilih anda bukan hal mudah, pasti tahu prosesnya sangat rumit pelik. Jadi, kalian harus tunjukkan pada kami dapat bekerja profesional,"tegasnya.

Anggota KPU diharapkan dapat menjalankan tugas dan tanggungjawab dengan baik, tetap berpatokan pada aturan, bukan kehendak pribadi atau atas usul saran pihak tertentu, tetap menjaga netralitas, jujur, adil dan profesional serta tidak meninggalkan kesan buruk apalagi sampai terjadi keributan hingga konflik diantara pihak tertentu bahkan masyarakat umumnya.

Selain 30 orang komisioner KPU enam kabupaten dari provinsi Papua, 80 lainnya yang juga dilantik bersama itu berasal dari Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, Kota Tarakan, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Tana Tidung (Kalimantan Utara), Kabupaten Paser, Kota Balikpapan, Kabupaten Mahakam Ulu, Kabupaten Kutai Timur, Kabupaten Berau, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Samarinda, Kota Bontang, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Kutai Barat (Kalimantan Timur), dan Kabupaten Cirebon (Jawa Barat).

Turut hadir Anggota KPU RI Ilham Saputra, Evi Novida Ginting Manik, Pramono Ubaid Tanthowi. Juga Sekjen KPU RI, Arif Rahman Hakim, Kepala Biro SDM Lucky Firnandy Majanto dan para pejabat sekretariat jenderal KPU RI. (ecu)

Dibaca 257 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX