Belum Ada Kepastian Pemekaran Distrik Baru di Kabupaten Manokwari | Pasific Pos.com

| 25 June, 2019 |

Belum Ada Kepastian Pemekaran Distrik Baru di Kabupaten Manokwari

Papua Barat Penulis  Jumat, 22 Maret 2019 09:29 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Manokwari, TP – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Manokwari, Teguh Budi Prakoso menuturkan, hingga saat ini, belum ada kepastian mengenai pemekaran enam distrik baru di Kabupaten Manokwari, karena moratorium pembentukan daerah otonom baru (DOB) belum dicabut oleh pemerintah pusat.

Dijelaskannya, Forum Komunikasi Nasional dari berbagai daerah sekarang memobilisasi masyarakat se-DOB, terutama calon DOB untuk ke Jakarta, Rabu (20/3), untuk mendesak DPR RI dan DPD RI serta MPR RI bersama Wakil Presiden mengambil langkah lebih cepat untuk pembentukan DOB.

“Akan tetapi, itu bukan dari pemerintah yang mengundang. Kita tahu saat ini DPR RI sebagian besar atau lebih dari 70 persen berada di kantong-kantong suara mereka, lagi berkampanye dan itu tidak mungkin dilakukan tanpa persetujuan DPR RI,” jelasnya kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (2/0/3).

Ia mengaku sudah menguhubungi pejabat yang menangani otonomi daerah (Otda) di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Nurbowo, pada Selasa (19/3) malam.

Di mana, Nurbowo menyampaikan agar pemerintah daerah melakukan persiapan yang lebih matang sambil menunggu keputusan pencabutan moratorium dan pengumuman calon DOB.

“Pernyataan itu juga disampaikan kepada kepala suku masyarakat Numfor di Manokwari yang membawahi Kepala Burung. Entah itu sebelum Pilpres atau setelah Pilpres. Kita belum tahu, karena itu penyampaian dari Pak Nurbowo,” bebernya.

Ia mengungkapkan, pemekaran suatu daerah diikuti dari urutan yang tinggi yakni kabupaten, sehingga bila kabupaten belum dimekarkan, maka distrik pun belum dapat dimekarkan, begitu juga dengan pemekaran kampung.

“Jadi belum pasti. Entah sebelum atau setelah Pilpres, karena mereka juga menunggu keputusan dari Mendagri, tapi pasti informasi langsung disampaikan oleh Presiden,” jelasnya seraya mengaku belum mengaahui kapan moratorium pembentuan DOB dicabut oleh Presiden Jokowi.

Kepala DPMK Manokwari ini menambahkan, Pemkab Manokwari tetap mengusulkan pemekaran 6 distrik baru.

“Mudah-mudahan itu tembus karena menindaklanjuti nanti kota dan pergeseran kabupaten,” tandansya. [BNB-R4]

Dibaca 116 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.