KPU Nabire Tetapkan DPT-Tb Akhir | Pasific Pos.com

| 24 June, 2019 |

KPU Nabire Tetapkan DPT-Tb Akhir

Beri rating artikel ini
(0 voting)

NABIRE - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nabire menetapkan Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPT-Tb) tahap akhir untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden/Wakil Presiden (Pilpres) yang akan digelar 17 April mendatang. KPU menetapkan daftar pemilih tersebut melalui Rapat Pleno yang dihadiri partai politik (Parpol) dan Panitia Penyelenggara Distrik (PPD) se Kabupaten Nabire, di Ruang Pertemuan KPU, Rabu (20/3).

Ketua KPU Kabupaten Nabire, Wilhelmus Degey dalam Rapat Pleno mengatakan DPT-Tb yang mau ditetapkan adalah pemilih yang pindah ke daerah lain dan masuk dari daerah lain dari jumlah daftar pemilih tetap yang ditetapkan sebelumnya. DPT-Tb ini tidak bermaksud menginput data pemilih baru tetapi hanya untuk mengurangi dan menambah DPT yang ada berdasarkan data warga yang pindah dan masuk di daerah ini.

Dalam pleno, KPU Nabire mengungkapkan, pemilih masuk yang mengurus di daerah asal, tidak ada (0) pemilih. Sementara pemilih masuk yang mengurus di daerah tujuan sebanyak 72 pemilih dengan rincian, pemilih   laki-laki sebanyak 62 pemilih dan perempuan sebanyak 10 pemilih, tersebar di 28 Tempat Pemungtan Suara (TPS). Pemilih masuk yang mengurus untuk terdaftar sebagai pemilih di Kabupaten Nabire tersebar di 3 distrik.

Sesuai data DPT Tb yang dikeluarkan oleh KPU Kabupaten Nabire, dari 72 pemilih dari luar yang masuk ke Nabire, 68 pemilih diantaranya terdata di Distrik Nabire, urutan berikut di Distrik Nabire Barat dengan jumlah pemilih 3 orang dan satu pemilih di Distrik Teluk Kimi.

Semantara itu, pemilih yang keluar ke temat lain, pemilih yang mengurus kepindahan sebagai pemilih di daerah lain sebanyapk 3 orang. Pemilih dari Nabire yang pindah ke daerah lain dan mendaftar sebagai pemilih di daerah tujuan sebanyak 216 orang yang terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 116 dan pemilih perempuan sebanyak 100 orang.

Berdasarkan data KPU Kabupaten Nabire, dari 216 pemilih keluar, jumlah yang terbanyak dari Distrik Nabire sebanyak 167 pemilih, urutan kedua dari Distrik Nabire Barat sebanyak 16 pemilih dan Distrik Wanggar sebanyak 12 pemilih.
Apabila dirinci menurut distrik, pemilih yang masuk dan keluar, hanya empat distrik, tidak ada penambahan pemilih dan pengurangan jumlah pemilih karena alas an pindah dan masuk. Empat distrik yang tidak mengalami perubahan adalah Distrik Uwapa, Siriwo, Wapoga dan Menou. Jumlah keluar masuk pemilih terbanyak terjadi di Distrik Nabire.

Usai membacakan hasil penetapan DPT-Tb, hasilnya ditetapkan melalui penandatangan naskah berita acara yang ditandatangani oleh masing-masing partai politik dan komisioner KPU Nabire. (ans)

Dibaca 99 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.