Rumkitban 1708 Mimika Laksanakan Vaksinasi Polio Kepada 200 Anak | Pasific Pos.com

| 21 January, 2020 |

Salah seorang anak yang sedang dalam vaksin oleh petugas medis Salah seorang anak yang sedang dalam vaksin oleh petugas medis

Rumkitban 1708 Mimika Laksanakan Vaksinasi Polio Kepada 200 Anak

Pendidikan & Kesehatan Penulis  Kamis, 21 Maret 2019 00:38 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Timika, sebanyak 200 anak yang merupakan keluarga Kodim 1710/Mimika mendapatkan vaksinasi Polio tahap I yang dilakukan oleh Rumah Sakit Bantuan (Rumkitban) 1708.02 Mimika yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika untuk vaksinasi.

Ka Rumkitban Lettu Inf. Samsul Bahri melalui Serka Tino Staf ter Kodim 1710/Mimika mengatakan, vaksinasi polio yang dilakukan oleh Rumkitban  Mimika setelah menindaklanjuti surat masuk dari Komando atas terkait vaksinasi bagi keluarga TNI yang dilaksanakan serentak di wilayah Kodam XVII Cenderawasih dan Kodam XVII Kasuari, begitu juga yang dilakukan oleh KOREM 174/ATW yang membawahi Kodim 1710/Mimika.

"Jadi Kaur Rumkitban dan Dandim 1710/Mimika menindaklanjuti surat dari Komando atas tentang penyakit folio di Papua dan Papua Barat ciri khusus kan untuk keluarga TNI yang ada di wilayah Kodam Papua dan Papua Barat dan hari ini serentak dilaksanakan dilaksanakan di Korem Merauke," kata Serka Tino disela-sela pemberian vaksin Polio untuk anak-anak di Rumkitban, Selasa (19/3).

Target Vaksinasi polio tersebut dikhususkan bagi anak berusia 0 bukan hingga 15 tahun dengan target 200 anak.

"Jadi perintah Kodam sama Korem mengadakan vaksinasi polio anak usia 0 sampai 15 tahun.
Target yang dilaksanakan sesuai dengan surat ke dinas ke serat itu targetnya 200 dan untuk pagi ini barusan 20 orang dan akan dilanjutkan siang hari karena masih banyak yang sekolah," jelasnya.

Ia juga menambahkan, sebelum dilakukan vaksinasi di Rumkitban Mimika, telah dilakukan vaksinasi di beberapa Puskesmas yang ada di Kabupaten Mimika.

"Sebelum dilakukan vaksinasi di rumkit ban sudah dilakukan vaksinasi di Puskesmas Puskesmas yang ada di Kabupaten Mimika," tambahnya.

Sementara itu Bidan Puskesmas Pasar Sentral Riliana mengatakan, pelaksaan vaksin Polio tahap pertama di Rumkitban setelah adanya surat masuk kepada Dinkes. Dan pelaksaan vaksin tersebut telah berlangsung sejak tanggal 4 Maret lalu.

Sebelum dilakukan vaksinasi polio d Rumkitban, pihak Puskesmas Pasar Sentral telah melakukan vaksinasi terhadap 126 anak di TK Kartika yang berlokasi di Koramil 1710/02 Kota, dan juga sebanyak 89 anak di Posyandu Anggrek diluar pemberian imunisasi dasar.

"Kalau kami di Dinkes sendiri kami sudah pernah melakukan di TK Kartika itu ada 126 anak karena ada sebagian anak yang sakit dan tidak masuk sehingga tidak divaksin, dan juga vaksin polio ini kami lakukan juga di Posyandu anggrek itu ada 89 anak yang kami vaksin polio diluar imunisasi dasar," kata Riliana.

Ia menambahkan, pihaknya juga telah melayani sebanyak 19 Posyandu yang berada di wilayah pelayanan Puskesmas pasar sentral, begitu juga dengan TK, SD maupun SMP.

"Yang kami sudah melakukan vaksinasi itu yang berada di lingkup Puskesmas Pasar Sentral itu sekitar 19 posyandu dan juga ada TK SD SMP yang kami berikan sejak tanggal 4 Maret lalu dan ini baru tahap pertama sebelum masuk ke tahap 2 dengan interval sekitar 1 bulan," tambahnya. (Ricky).

Dibaca 219 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik