Turunkan 700 Personil, Polres Paniai Siap Amankan Pemilu 3 Kabupaten | Pasific Pos.com

| 17 October, 2019 |

Turunkan 700 Personil, Polres Paniai Siap Amankan Pemilu 3 Kabupaten

Beri rating artikel ini
(0 voting)

NABIRE - Kapolres Paniai AKBP Abdulah Wakhid P Utomo, S.IK menegaskan pihaknya siap mengamankan jalannya tahapan Pemilihan Umum (Pemilu), baik Pileg maupun Pilpres bulan April 2019 mendatang di tiga (3) kabupaten, yang merupakan daerah atau wilayah hukum Polres Paniai.

Jaminan pengamanan Pemilu kali ini di 3 kabupaten Wilkum Paniai, masing-masing Kabupaten Paniai, Deiyai dan Kabupaten Intan Jaya itu jajaran Polres Paniai, Polda Papua menurunkan kurang lebih 7.000 personil gabungan, termasuk anggota yang akan di-BKO-kan nantinya.

Ditegaskan Kapolres Paniai A. Wakhid, kepada sejumlah awak media Selasa kemarin di Mapolres Nabire, untuk kesiapan dalam mengadapi pengamanan Pemilu kali ini tentunya jajaran Polres Paniai yang membawahi 3 kabupaten administratif, yakni Paniai, Deiyai dan Intan Jaya, tidak dapat berkerja sendiri tanpa melibatkan satuan samping lainnya dan terkait hal ini pihaknya telah meminta bantuan ke Polda Papua.

Untuk taksiran awal dalam pengamanan Pemilu di 3 kabupaten tersebut, lanjut Kapolres Paniai, sekitar 300 hingga 400 lebih personil Polres Paniai, belum termasuk pelibatan kekuatan dari unsur pengamanan TNI. Kemungkinan dari TNI akan dilibatkan sekitar 1 kompi.

Dalam rangka kesiapan itu, Kapolres Paniai juga melihat atau berkunjung ke Polres terdekat dalam hal ini Polres Nabire khususnya pada saat dilaksanakan simulasi Sispamkota di Nabire serta kesiapan dari pihak penyelenggara, dalam hal ini KPU Deiyai dan Intan Jaya yang melaksanakan pelipatan dan pensortiran surat suara di Nabire.

Terkait pergeseran logistik kedua kabupaten, terang Wakhid, untuk kesiapan KPU Deiyai menurut informasi logistiknya akan bergeser sekitar tanggal 6 April nanti, termasuk dalam jedah waktu tersebut juga akan dilakukan pergeseran logistik dan pengamanan dari Polres Paniai ke beberapa wilayah di Deiyai.

Sementara untuk kesiapan dari penyelenggara Pemilu di Kabupaten Intan Jaya, tambah Kapolres Paniai, hari ini (kemarin, red) baru dilaksanakan pelipatan dan pensortiran surat suara. Dan menyangkut KPU Intan Jaya sendiri, sempat dari pihak Polres Nabire dan Polres Paniai yang dipimpinnya dilaksanakan koordinasi bersama guna suksesi pelaksanaan Pemilu di Intan Jaya.

Diakhir tanggapannya, Kapolres Paniai AKBP A. Wakhid P Utomo menegaskan, pada prinsipnya pihaknya siap menyukseskan Pemilu tahun 2019, baik itu Pemilu Legislatif, Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI di wilayah hukum Polres Paniai. Pemilu ini agenda nasional dan dilaksanakan oleh pemerintah setempat, sehingga butuh dukungan dan partisipasi semua pihak guna mensukseskan pesta demokrasi 5 tahun ini, utamanya di Wilkum Paniai,"pungkasnya.(wan)

Dibaca 148 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.