Prof Rina: ”Produk Merauke Naik 300 Persen” | Pasific Pos.com

| 11 December, 2019 |

Kepala BKIPM-KKP, Prof.Dr.Ir.Rina, M.Si (foto:iis) Kepala BKIPM-KKP, Prof.Dr.Ir.Rina, M.Si (foto:iis)

Prof Rina: ”Produk Merauke Naik 300 Persen”

Papua Selatan Penulis  Jumat, 15 Maret 2019 10:14 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Kepala BKIPM-KKP, Prof.Dr.Ir.Rina, M.Si mengemukakan bahwa produk perikanan yang dihasilkan oleh Merauke naik 300% sejak tahun 2015 silam. Jadi kurva kenaikannya sangat tajam bahkan diperkirakan hasil yang ada masih akan meningkat lagi tahun depan. Oleh sebab itu jajaran yang ada di lingkup karantina akan membantu agar produk tersebut aman dikonsumsi dan mendapatkan sertifikat dengan benar sehingga produksi yang ada semakin terus meningkat.  Selain itu manfaatnya juga dapat dirasakan oleh masyarakat perikanan dan kelautan yang ada di Merauke.

“Tahun ini seharusnya kita bisa naik lagi. Jika tahun lalu hitungannya 36% maka tahun ini juga harus bisa naik dengan jumlah yang sama. Untuk itu saya minta kepada rekan-rekan karantina untuk dapat membina dengan baik para pelaku usaha yang ada . Sebetulnya tidak hanya dari Kota Merauke saja namun ada pula yang dihasilkan dari Wanam,”ujarnya kepada wartawan di Kantor Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Merauke belum lama ini.
 
Diakui peningkatan yang cukup signifikan memang terlihat dari Merauke meskipun ada pula dari daerah- daerah yang lain seperti Ambon dan Manado. Hanya saja tidak semua daerah mengalami kenaikan sehingga di daerah-daerah yang mengalami peningkatan inilah harus selalu diperhatikan. Sebelumnya, jika kapal asing masih masuk maka tidak ada pencatatan sehingga produk yang ada tidak tercatat sebagai produk Indonesia. Namun sekarang tidak lagi seperti itu karena pencatatan dilakukan dengan sangat detil dan secara nyata memang hasilnya terlihat lebih banyak.

Dibaca 261 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX