Kota Merauke Ricuh, Massa Anarkis, Gabungan TNI Polri Berhasil Amankan Situasi | Pasific Pos.com

| 23 October, 2019 |

Suasana Simulasi Pengamanan Yang Berlangsung Kemarin (foto:ist) Suasana Simulasi Pengamanan Yang Berlangsung Kemarin (foto:ist)

Kota Merauke Ricuh, Massa Anarkis, Gabungan TNI Polri Berhasil Amankan Situasi

Papua Selatan Penulis  Kamis, 14 Maret 2019 08:51 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,- Bertempat di Depan Mapolres Merauke Jalan Brawijaya No. 27 Merauke Papua telah terjadi kericuhan yang mengakibatkan ratusan Massa anarkis dengan sigap gabungan personil TNI dan Polri berhasil amankan Kota Merauke sehingga pelaksanaan Rekapitulasi perhitungan suara di Gedung Bela fiesta dan Kantor KPU Merauke tetap aman dan Kondusif, semua ini hanya pelaksanaan Simulasi. Rabu, 13/3/2019 pukul 09.15 Wit.

Pelaksanaan Simulasi Sispamkota Merauke diikuti oleh ratusan personil Polres Merauke, Brimob dan TNI yang ada di Kabupaten Merauke.

Kabag Ops Polres Merauke AKP Leonardo Yoga, Sik memimpin langsung pelaksanaan Sispamkota Merauke tersebut, Dalam rangkaian Pengamanan Pileg dan Pilpres 2019 di Kabupaten Merauke. Adapun rangkaian kegiatan dari pelaksanaan Pleno Pilpres dan Pileg yang dilaksanakan oleh KPU kabupaten Merauke sampai dengan aksi beberapa masyarakat yang merasa tidak puas dengan hasil pleno dengan melakukan aksi unjuk rasa. Adapun tahapan Simulasi adalah sebagai berikut. Tim negosiator Polres Merauke yang mencoba menghentikan aksi masa tersebut namun tidak ada kesepakatan, Giat dilanjutkan dengan lintas ganti oleh Dalmal awal untuk menghalang masa, namun masa semakin tidak terkendali dan semakin beringas serta anarkis.

Karena masa yang semakin tidak terkendali dilanjutkan dengan lintas ganti ke Dalmas Inti, namu masa yang semakin banyak terus mengamuk dan membakar, Masa yang melakukan unjuk rasa semakin banyak dan di antaranya ada yang membawa alat tajam dan bom molotof, upaya pengendalian masa di lakukan oleh PHH gabungan TNI - POLRI, Selanjutnya tim tangkap mengamankan okum masyarakat yang di anggap sebagai provokator. karena provokator sudah berhasil diamankan masa dengan sendiriny langsung membubarkan diri.

Kegiatan Simulasi tersebut di saksikan oleh Bupati Merauke Frederikus Gebse, SE,M.Si, Kapolres Merauke AKBP Bahara Marpaung, SH, Komandan Satuan TNI AD, AL, AU, Komisioner KPU, Bawaslu. Kegiatan apel diikuti sekitar 500 peserta terdiri dari unsur TNI, Polri, Brimob, Satpol PP dan Linmas serta warga masyarakat Merauke.

Dikatakan oleh Kapolres Merauke yang di wakili Oleh Kabag Ops menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh peserta yang telah melaksanakan kegiatan ini dengan baik, peragaan latihan sispamkota tersebut di apreasiasi pelaksanaannya dengan demikian anggota dapat mengerti tahapannya saya berbuat apa dan bertanggung jawab kepada siapa bila terjadi kontijensi pada tahapan pileg dan Pilpres 2019 nantinya, ungkapnya.

“Ia benar sudah bagus peragaan latihan simulasinya, ini sebagai bahan pembelajaran kepada kita semua untuk lebih sigap dan waspada terhadap persoalan yang sekecil apapun nantinya dalam tahapan Pileg dan Pilpres 2019 di Kabupaten Merauke, ngkap AKP Leonardo Yoga, Sik, SH dengan tegas.

Diakhir arahannya pada pelaksanaan konsolidasi pasukan simulasi tersebut Kabag Ops Polres Merauke mengucapkan mohon doa restunya karena akan dipindah tugaskan ke Polres Jayawijaya sebagai Wakapolres, semua tutur kata dan tindakan yang salah kami sekeluarga mohon dimaafkan, pungkasnya. Selama rangkaian kegiatan berlangsung situasi aman dan terkendali.

Dibaca 150 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.