Tri: ”Penerima Bantuan Harus Berbadan Hukum” | Pasific Pos.com

| 13 November, 2019 |

Para Pelaku IKM Peserta Pelatihan Saat Mengikuti Kegiatan (foto:iis) Para Pelaku IKM Peserta Pelatihan Saat Mengikuti Kegiatan (foto:iis)

Tri: ”Penerima Bantuan Harus Berbadan Hukum”

Papua Selatan Penulis  Kamis, 14 Maret 2019 08:50 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Kasubdit  Bidang Barang, Kayu dan Furniture Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Tri Harsono mengemukakan bahwa Industri Kecil Menengah (IKM) yang menerima bantuan alat harus berbadan hukum dan dikelola secara perkelompok.  Jika UKM meliputi berbagai  jenis usaha antara lain di bidang jasa, industri dan perdagangan maka untuk IKM lebih spesifik kepada industri pengolahan. Bantuan dan pelatihan yang diberikan tidak hanya di Kabupaten Merauke namun meluas hingga ke daerah lain di Papua seperti di Jayapura yang lebih fokus di bidang furniture.

Dalam hal ini berada di daerah Sentani mengingat bahan baku yang tersedia memang cukup melimpah di sana. Namun alat yang diberikan masih sederhana tidak terlalu canggih tetapi dapat menunjang produksi dan mampu memenuhi kebutuhan pasaran lokal. Hal serupa juga diharapkan di Kabupaten Merauke dimana pelaku usaha yang ada dapat memproduksi aneka makanan lokal, furniture lokal dan akan lebih baik jika mampu diserap hingga ke daerah lain.

“Misalnya saja daerah di Jayapura membutuhkan jenis olahan makanan khas tertentu dari Merauke maka bisa ditindak lanjuti untuk distribusi ke sana,”ujarnya kepada wartawan di Swiss-Belhotel belum lama ini. Terkait dengan pelatihan dalam rangka penumbuhan dan pengembangan wiraausaha baru IKM di Merauke merupakan kolaborasi antara pihak Kementerian Perindustrian dengan Komisi VI.

Jadi semua  berdasarkan hasil reses anggota dewan ke daerah dan pihaknya juga melakukan evaluasi ke daerah untuk memastikan bahwa memang ada hal-hal yang urgen dan harus segera ditindak lanjuti. Setelah berkomunikasi lebih lanjut dan turun langsung ke lapangan akhirnya diketahui bahwa memang benar terbukti sehingga dengan anggaran dari Kementerian diputuskan untuk memberikan pelatihan dan bantuan alat.

Dibaca 214 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX